Repository Universitas Andalas

Peran Pemerintah Kota Padang Dalam Penanggulangan Dampak Bencana Gempa Bumi 30 September 2009 Di Kota Padang

OKTARINA, SORAYA (2008) Peran Pemerintah Kota Padang Dalam Penanggulangan Dampak Bencana Gempa Bumi 30 September 2009 Di Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Peran Pemerintah Kota Padang Dalam Penanggulangan Dampak Bencana Gempa Bumi 30 September 2009 Di Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (682Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan tentang peran Pemerintah Kota Padang dalam menanggulangi dampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kota Padang tanggal 30 September 2009. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal diantaranya adalah keadaan Kota Padang yang masih belum pulih seratus persen akibat besarnya dampak yang timbul akibat bencana gempa bumi 30 September 2009 yang lalu, disamping itu masih terdapat beberapa masalah seputar penanggulangan dampak bencana gempa bumi yang masih harus dibicirakan dan menjadi tanggung jawab Pemerintatr Kota Padang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data yang menyatakan bahwa masih terdapatnya dampak-danrpak kerusakan baik itu berupa kerusakan bangunan, ekonomi maryun kehidupan sosial masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, Teknik pengumpulan data dilalarkan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Sementara teknik keabsatran data yang digunakan peneliti menggunakan trianggulasi sumber data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengacu pada konsep peran yang dilalrukan dilakukan oleh pemerintah Kota Padang. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menarik lqesimpulan bahwa Pemerintah Kota Padang dalaur melakukan penanggulangan dampak bencana gempa bumi 30 September 2009 telah berusatra semaksimal mungkin, dengan membuat berbagai kebijakan- kebijakan dan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengurusi dan menangani masalah penanggulangan dampak bencana gempa bumi. Dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana, BPBD melakukan koordinasi dengan berbagai pihalL seperti : SKP terkait, NGO, dan lain sebagainya. Adapun mengingat baru dibentuknya Badan Penanggulangan Bencana di Kota Padang, maka dalam hal operasional, teknis, sarana dan prasaftmanya masih terbatas, hal ini yang menjadi kendda bagi BPBD dalam melaksanakan tugasnya sehingga sering menimbulkan pendapat yang miring dikalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:28
Last Modified: 06 Oct 2011 02:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14905

Actions (login required)

View Item View Item