Repository Universitas Andalas

DIVERSITAS DAN EKOLOGI CYRTODACTYLUS (REPTILIA, GEKKONIDAE) DI BEBERAPA KAWASAN KARST DAN SEKITARNYA DI SUMATERA BARAT

Gusman, David (2008) DIVERSITAS DAN EKOLOGI CYRTODACTYLUS (REPTILIA, GEKKONIDAE) DI BEBERAPA KAWASAN KARST DAN SEKITARNYA DI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (DIVERSITAS DAN EKOLOGI CYRTODACTYLUS (REPTILIA, GEKKONIDAE) DI BEBERAPA KAWASAN KARST DAN SEKITARNYA DI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (634Kb) | Preview

Abstract

Kawasan karst adalah daerah batu gamping yang telah mengalami proses pelarutan oleh air hujan dan menunjukkan topografi yang khas, serta sistem percelahan dan perguaan yang spesifik untuk daerah tersebut. Kawasan karst memiliki faktor-faklor spesifik seperti geohidrologis, jenis vegetasi dan tanah, fisiografi, iklim, pengaruh tektonisme, dan wlkanisme sehingga memiliki perbedaan pada setiap kawasannya. Keadaan unik tersebut dihuni oleh hewan yang unik pula salah satunya Cyrtodactylus. sampai sekarang cyrtodactylus yang telah diketahui sebanyak 113 species, 45 species diantaranya baru diketahui setelah tahun 2000 dan 22 species baru yang sedang disiapkan untuk di publikasikan. Empat species Cyrtodactylus yang baru ditemukan pada kawasan karst yaitu Cyrtodactylus cavernicolus ditemukan di gua Niah di Serawak, Cyrtodactylus sumonthai dali gua kura-kura dan gua kelalawar diprovinsi Rayong Thailand, Cyrtodactylus thiropkhupti, Cyrtodactylus chanhomeae dan Thailand (Pauwels, et.a1.,2004). Kebanyakan dari species tersebut ditemukan di Malaysia Vietnam, Kamboja dan Thailand serta pulau Papua (Indonesia dan Papua Nugini). Di Indonesia hanya beberapa spesies yang ditemukan terutama di Sulawesi, sedangkan di Sumatera belum banyak data yang tersedia. Beberapa species baru sedang dipersiapkan berasal dari beberapa kawasan hutan Sumatera" sedangkan studi Cyrtodactylus ini pada kawasan karst di Indonesia khususnya Sumatera belum banyak dilakukan. Sumatera Barat memiliki kawasan karst yang tersebar dari bagian utara sampai selatan terutama di bahagian timur Bukit Barisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:47
Last Modified: 04 Oct 2011 03:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item