Repository Universitas Andalas

EVALUASI NILAI NUTRISI BATANG PISANG AMONIASI MELALUI PENGUKURAN DEGRADASI ZAT-ZAT MAKANAN SECARA INVITRO

Melisa, Winda (2008) EVALUASI NILAI NUTRISI BATANG PISANG AMONIASI MELALUI PENGUKURAN DEGRADASI ZAT-ZAT MAKANAN SECARA INVITRO. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI NILAI NUTRISI BATANG PISANG AMONIASI MELALUI PENGUKURAN DEGRADASI ZAT-ZAT MAKANAN SECARA INVITRO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536Kb) | Preview

Abstract

Dalam sektor peternakan semakin kecilnya lahan akan memberikan dampak terhadap ketersediaan bahan pakan yang dibutuhkan ternak, terutama ternak ruminansia yang bahan makanan utamanya adalah berupa hijauan atau rumput. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dicari suatu pakan alternatif yang dapat menggantikan rumput sebagai pakan ternak. Salah satunya adalah batang pisang yang merupakan limbah pertanian yang berasal dari tanaman pisang yang biasanya hanya dibiarkan atau dibuang setelah pisang dipanen. Selain penahan laju air, batang pisang ternyata juga bisa digunakan untuk pakan ternak karena kandungan zat makanan yang terkandung di dalam batang pisang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan guzi pada ternak ruminansia sehingga dapat menopang kebutuhan ternak ruminansia. Akan tetapi dalam pemanfaatannya ternyata batang pisang memiliki kandungan lignin yang cukup tinggi, sehingga dapat mengganggu kecernaan za-zat makanan lainnya. Kita tahu bahwa kandungan lignin pada bahan pakan akan berpengaruh terhadap kerja enzim mikroba dalam mencerna zat-z.at makanan di dalam rumen. Lignin berperan memperkuat struktur dinding sel dengan mengikat selulosa dan hemiselulosa yang sulit dicerna oleh mikroorganisme. Sehingga menyebabkan kandungan zat-zat makanan dan daya cerna batang pisang ini menjadi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:28
Last Modified: 12 Oct 2011 07:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item