Repository Universitas Andalas

Analisis Ketersediaan Air Sub Daerah Aliran Sungai Batang Arau dengan Menggunakan Model NAM (Nedbor-Afstromnings-Model)

Saputra, Ari (2008) Analisis Ketersediaan Air Sub Daerah Aliran Sungai Batang Arau dengan Menggunakan Model NAM (Nedbor-Afstromnings-Model). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (Analisis Ketersediaan Air Sub Daerah Aliran Sungai Batang Arau dengan Menggunakan Model NAM (Nedbor-Afstromnings-Model)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (714Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Analisis Ketersediaan Air Sub Daerah Aliran Sungai Batang Arau dengan Menggunakan Model NAM (Nedbor-Afstromnings- Model)" telah dilaksanakan di sub DAS Batang Arau pada bulan Februari sampai dengan April 2009. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi model NAM pada sub DAS Batang Arau dan mengetahui ketersediaan air di sub DAS Batang Arau dengan menggunakan model NAM. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba model NAM untuk menganalisis ketersediaan air di sub DAS Batang Arau. Data yang diperlukan adalah CH, debit sungai, temperatur dan evapotranspirasi potensial. Data diinputkan pada model NAM yang digunakan, sehingga diperoleh nilai kalibrasi dan validasi dengan cara trial and error pada parameter-parameter model NAM, kemudian dilakukan analisis sensitivitas model NAM. Hasil penelitian menunjukkan, Luas Areal=98,911 km^2, Koefisien Area=0,01, Lmax=200 mm, Umax=2 mm, Koefisien Salju=0, CQOF=0,025, CKIF=1000 jam, CLIF=0,5, CLOF=0,38, CLG=0,019, CK1=0,3095 jam, CK2=0,5 jam, CKBF=6000 jam. Parameter Umax, Lmax dan CQOF merupakan parameter yang sangat sensitif terhadap perubahan debit ouput yang dihasilkan. Nilai koefisien korelasi periode kalibrasi sebesar 0,82 dan periode validasi sebesar 0,76. Model NAM dapat digunakan pada DAS-DAS kecil di bawah 100 km^2, terutama pada DAS yang tidak memiliki data hidrometri secara lengkap. Ketersediaan air di sub DAS Batang Arau untuk debit di atas rata-rata sebesar 14,60 m^3/det terjadi pada bulan Januari, April, September, Oktober, November dan Desember, dan untuk debit di bawah rata-rata 14,60 m^3/det terjadi pada bulan Februari, Maret, Mei, Juli, Juni dan Agustus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:27
Last Modified: 07 Oct 2011 05:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item View Item