Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA ASET BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE BUILDING ASSET PERFORMANCE FRAMEWORK (Studi Kasus : Gedung Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas)

Putra, M. Fauzi Riza (2008) PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA ASET BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE BUILDING ASSET PERFORMANCE FRAMEWORK (Studi Kasus : Gedung Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA ASET BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE BUILDING ASSET PERFORMANCE FRAMEWORK (Studi Kasus : Gedung Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (641Kb) | Preview

Abstract

Saat ini perhatian terhadap kualitas institusi pendidikan semakin meningkat. Hal ini menuntut institusi pendidikan tinggi untuk memberikan perhatian yang lebih pada bidang kinerja agar mampu bersaing dengan institusi lainnya. Bangunan merupakan faktor yang sangat mendukung pengembangan mutu pendidikan di Indonesia. Gedung dan bangunan merupakan suatu aset yang mencirikan performance suatu Institusi. Oleh karena itu dibutuhkan pengukuran kinerja aset bangunan di dunia pendidikan, untuk mendapatkan kerangka kerja usulan perbaikan aset bangunan, dalam rangka analisis sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Untuk dapat mencapai tujuan dari penelitian ini, maka pembuatan kerangka kerja dilakukan dengan pendekatan menggunakan metode Building Asset Performance Framework (BAPF). Metode ini melakukan pendekatan sistematis dan konsistensi untuk mengelola kinerja suatu aset bangunan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan memberikan 6 performance area untuk menilai kinerja bangunan, yaitu kelayakan, finansial, kepatuhan terhadap hukum, efektifitas penggunaan, dampak lingkungan dan pengaruh sosial. Dilakukan pengolahan statistika deskriptif untuk mempermudah penerimaan informasi terhadap deskripsi data, serta dilakukan pengolahan pearson correlation untuk memperlihatkan kuantitas hubungan antar masing-masing indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja bangunan Teknik Mesin Universitas Andalas masih butuh perbaikan, terlebih pasca gempa, terdapat 33% ruangan yang kekurangan kapasitas dikarenakan tata kelola layout aset tidak baik, 28% ruangan yang fungsinya belum optimal, 37% ruangan yang sarana dan prasarananya rusak sehingga aktivitas pengguna terganggu, 7% ruangan yang lokasinya tidak sesuai dengan kebutuhan, 20% ruangan yang belum bermanfaat sebagaimana mestinya, 13% ruangan yang fungsinya tidak sesuai dengan desainnya, kondisi bangunan yang tidak mematuhi hukum seperti kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara, penyediaan fasilitas penyandang cacat, perlindungan kebakaran dan kelistrikan bangunan. Kondisi bangunan yang tidak terawat, seperti toilet dan musholla yang kotor. Kondisi bangunan yang berpengaruh terhadap lingkungan seperti air yang terkontaminasi kotoran, kontaminasi tanah. Serta kondisi bangunan yang memiliki signifikansi sosial, seperti keberadaan bangunan menambah mata pencaharian masyarakat, serta mencerdaskan bangsa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Jun 2011 14:53
Last Modified: 11 Oct 2011 03:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15086

Actions (login required)

View Item View Item