Repository Universitas Andalas

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (STUDI KASUS PADA KELOK DAMA FARM DI KECAMATAN PAYUNG SAKAKI KABUPATEN SOLOK)

Anggelina, Dewi (2008) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (STUDI KASUS PADA KELOK DAMA FARM DI KECAMATAN PAYUNG SAKAKI KABUPATEN SOLOK). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (STUDI KASUS PADA KELOK DAMA FARM DI KECAMATAN PAYUNG SAKAKI KABUPATEN SOLOK)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (766Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan usaha, perkiraan tingkat konsumsi daging sapi dan tingkat keuntungan KD Farm, dan merumuskan strategi yang akan dilaksanakan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda studi kasus yang dilaksanakan mulai dari l0 Maret 2010 sampai 10 April 2010. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal diperoleh faktor-faktor strategi yang merupakan kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman. Kekuatan yang dimiliki berupa (a) Modal usaha merupakan modal sendiri, (b) Lokasi usaha cocok untuk pengembangan usaha peternakan, (c) Memiliki manejer yang handal, (d) Dekat dengan sarana produksi dan pasar, dan (e) Sudah memiliki izin usaha dan terdaftar pada Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan. Kelemahan yang dimiliki berupa (a) Kelangkaan sapi bibit/bakalan yang ditandai oleh tingginya harga sapi bakalan yang bagus, (b) Jumlah pakan yang kurang memadai sehingga berpengaruh terhadap bobot badan, (c) Keterbatasan modal, (d) Rendahnya kualitas SDM, dan (e) Belum mampu memenuhi seluruh permintaan pelanggan. Peluang yang dimiliki berupa (a) Dukungan pemerintah dalam pengembangan usaha, (b) Memiliki hubungan baik dengan pelanggan, (c) Perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang peternakan, (d) Peluang pasar yang cukup besar, dan (e) Ditetapkannya Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi untuk mencapai swasembada daging di tanah air. Ancaman yang dimiliki berupa (a) Masuknya sapi impor ke dalam negn, (b) Tingginya jumlah keluarga yang memelihara ternak, (c) Daya beli masyarakat yang Semakin menurun terhadap sapi lokal, (d) Kondisi ekonomi yang kurang stabil, dan (e) Berjangkitnya berbagai penyakit. Rata-rata konsumsi daging sapi di Kabupaten Solok 658.245,578 kg/tahun dengan tingkat keuntungan sebesar 10,9% per tahun, dan diperkirakan konsumsi daging sapi di Kabupaten Solok untuk lima tahun kedepannya sebesar 756.215 kg/tahun dengan tingkat keuntungan 18,84% per tahun. Urutan prioritas strategi tersebut adalah memperkuat dan mempertahankan strategi distribusi berupa pemasaran langsung tanpa menggunakan perantara, memanfaatkan kemajuan teknologi berupa Inseminasi Buatan (IB), Transfer Embrio (TE) dan penambahan biosuplemen probiotik pada pakan, dan meningkatkan populasi sapi potong dengan cara melakukan perluasan skala usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:47
Last Modified: 05 Oct 2011 07:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item