Repository Universitas Andalas

ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Suatu Studi Eksploratif pada Kabupaten/Kota di Sumatera Barat)

FITRI, SRI ADELLA (2008) ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Suatu Studi Eksploratif pada Kabupaten/Kota di Sumatera Barat). Other thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Suatu Studi Eksploratif pada Kabupaten/Kota di Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603Kb) | Preview

Abstract

Menurut PSAP No.1 Paragraf 21 menyatakan bahwa entitas pelaporan mengungkapkan informasi tentang ketaatan terhadap anggaran. Lebih lanjutnya-pada paragraph 23 sampai 26 dijelaskan mengapa pentingnya mengungkapkan semua informasi, hal ini bertujuan agar menghindari kesalahpahaman dalam membaca laporan. Dengan demikian akan memperjelas bahwa Laporan Keuangan keuangan yang disajikan bukan hanya untuk memenuhi tuntutan atas peraturan yang ada, tapi harus memenuhi pengungkapan yang akan memudahkan bagi pengguna laporan keuangan gntuk memahami. Dalam kerangka konseptual juga dijelaskan bahwa salah satu prinsip akuntansi dalam pelaporan keuangan adalah prinsip pengungkapan lengkap dimana laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Sehingga pengungkapan yang tidak dapat disajikan dalam halaman depan laporan keuangan dapat disajikan dalam catatan atas Laporan Keuangan. Tentu hal ini akan memperjelas terhadap item-item yang diungkapkan. Dengan menggunakan content analysis, maka pengkodean terhadap akun-akun dan informasi yang diungkapkan berdasarkan akun-akun dan informasi dalam laporan keuangan pemerintah daerah yang sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan. Rata-rata tingkat pengungkapan informasi dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah adalah 43.71%, dengan tingkat pengungkapan yang tertinggi adalah 54% yaitu kabupaten pasaman barat, dan tingkat pengungkapan yang terendah adalah 3SYo yaitu kabupaten solok selatan. Hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat pengungliapan informasi dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, dimana nilai maksimal yang diharapkan adalah 100%. Rata-rata pengungkapan -inforrnasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah daerah cukup baik, rincian akunnya juga cukup baik tetapi belum adanya standar dan aturan lebih lanjut mengenai luasnya informasi dan rincian akun yang harus ditmgkapkan dalam laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 01 Jul 2011 23:35
Last Modified: 03 Oct 2011 09:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item