Repository Universitas Andalas

PROFIL USAHA PETERNAKAN KERBAU PEMENANG LOMBA/KONTES TERNAK TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT DI BATUSANGKAR TAHUN 2009

Ardita, Bobi (2008) PROFIL USAHA PETERNAKAN KERBAU PEMENANG LOMBA/KONTES TERNAK TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT DI BATUSANGKAR TAHUN 2009. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PROFIL USAHA PETERNAKAN KERBAU PEMENANG LOMBA/KONTES TERNAK TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT DI BATUSANGKAR TAHUN 2009) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (694Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat profil peternak kerbau pemenang lomba/kontes ternak tingkat provinsi Sumatera Barat, profil usaha pemenang lomba/kontes ternak kerbau pemenang lomba/kontes ternak tingkat provinsi Sumatera Barat, serta faktor kendala dan faktor penujang yang dihadapi oleh peternak pemenang lomba/kontes ternak kerbau tingkat provinsi Sumatera Barat dalam menjalankan usaha. Penelitian ini dilakukan dua tahap, tahap pertama dilakukan di Batusangkar kabupaten Tanah Datar, saat dilakukan lomba/kontes ternak tingkat provinsi Sumatera Barat Tahun 2009, pada tanggal 2 sampai 4 Juli 2009. Tahap kedua dilakukan pengamatan langsung ke tempat atau lokasi peternak pemenang, setelah lomba/kontes selesai penentuan pemenang. Tempat atau lokasi pemenang pertama di Nagari Sungai Limau, kecamatan Sungai Limau, kabupaten Padang Pariaman, pemenang kedua di jorong Pantai Cermin, nagari Palangki, kecamatan 4 Nagari, kabupaten Sijunjung dan pemenang ketiga di nagari Kumbayau, kecamatan Talawi, kabupaten Sawahlunto. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus (Case study). Dari hasil penelitian yang di dapat, para pemilik ternak kerbau pemenang lomba/kontes ternak memiliki keragaman dalam berbagai hal. Seperti pada karakteristik peternak, dapat dilihat bahwa peternak memiliki berbagai latar belakang yang berbeda. Untuk sistem pemeliharaan ternak kerbau, para pemilik ternak melakukan pemeliharaan secara intensif. Sedangkan untuk pengendalian penyakit para pemilik ternak lebih menggali informasi agar penanganannya dapat dilakukan dengan baik sehingga meminimkan kerugian. Para pemenang lomba/kontes ternak ini, diharapkan dapat menjadi contoh untuk para peternak kerbau lainnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas peternakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Jul 2011 14:17
Last Modified: 05 Oct 2011 08:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item