Repository Universitas Andalas

PARADIGMA KEINDAHAN MENURUT MIZOGUCHI DALAM NOVEL KINKAKUJI KARYA MISHIMA YUKTO;TINJAUAN PSIKOLOGI

Annisa, Annisa (2008) PARADIGMA KEINDAHAN MENURUT MIZOGUCHI DALAM NOVEL KINKAKUJI KARYA MISHIMA YUKTO;TINJAUAN PSIKOLOGI. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (PARADIGMA KEINDAHAN MENURUT MIZOGUCHI DALAM NOVEL KINKAKUJI KARYA MISHIMA YUKTO;TINJAUAN PSIKOLOGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514Kb) | Preview

Abstract

Kinkakuji merupakan sebuah novel karya Mishima Yukio yang diterbitkan pada tahun 1956. Kinkakuji adalah novel yang menceritakan kehidupan dari seorang biksu muda yang bernama Mizoguchi, pada awalnya sangat mengagumi kuil emas yaitu Kinkakuji. Akhirnya timbul niat untuk membakar kuil tersebut. Hal tersebut disebabkan karena berbedanya paradigma keindahan menurut Mizoguchi. Penulis memilih " Paradigma Keindahan Menurut Mizoguchi" sebagai judul penelitian. Karena paradigma keindahan menurut Mizoguchi berbeda dengan manusia pada umumnya. Keindahan yang ia rasakan menimbulkan kehampaan dan kehancuran. Untuk mengetahui masalah yang dialami Mizoguchi. Penulis menggunakan teori Psikologi Kepribadian dan pendekatan Psikologi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif untuk memperoleh data tertulis dari peristiwa yang diamati dari novel ini. Disimpulkan bahwa keindahan yang tergambar dalam novel berupa keindahan alam dan keindahan kuil kencana. Paradigma keindahan menurut Mizoguchi adalah kehancuran. Seperti ia mengatakan neraka itu indah, kuil kencana menimbulkan kehampaan baginya, serta kejahatan kecil-kecilan. Paradigma keindahan menurut Mizoguchi ini, disebabkan oleh faktor kekurangan yang dia miliki, yaitu gagap. Faktor pengaruh keluarganya yang miskin, pengaruh buruk dari temannya, serta kurangnya pemahaman Mizoguchi tentang ajaran Zen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:26
Last Modified: 05 Oct 2011 08:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item