Repository Universitas Andalas

KAJIAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BIOGAS ISI RUMEN DAN PENAMBAHAN BEBERAPA BAHAN ORGANIK TERHADAP KANDUNGAN N, P DAN K.

Riko, Aldia Marta (2008) KAJIAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BIOGAS ISI RUMEN DAN PENAMBAHAN BEBERAPA BAHAN ORGANIK TERHADAP KANDUNGAN N, P DAN K. Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (KAJIAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BIOGAS ISI RUMEN DAN PENAMBAHAN BEBERAPA BAHAN ORGANIK TERHADAP KANDUNGAN N, P DAN K. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji hipotesis bahwa kombinasi antara limbah padat biogas dari isi rumen dan sampah organik dengan bahan organik peningkat mutu dapat meningkatkan kandungan N, P dan K. Materi penelitian menggunakan limbah padat biogas dari isi rumen, tepung darah, tepung tulang dan abu sekam. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan Pola Faktorial 3 x 4 dengan 2 kali ulangan. Faktor A merupakan limbah padat biogas dari isi rumen dan sampah organik dan faktor B merupakan bahan organik peningka-i mutu (tepung darah, tepung tuiang abu sekam dan campuran). Selanjutnya data dianalisis dengan sidik ragam dan perbedaan antara perlakuan diuji dengan uji lanjut berganda Duncans (DMRT). Peubah yang diukur adalah kandungan N-organik, P04 dan K2O. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Pengomposan limbah padat biogas dari isi rumen dan sampah organik dengan penambahan bahan organik tepung darah, tepung tulang, abu sekam dan eampuran {tepung darah, tepung tulang dan abu sekam) dapat merlingkdtkan kandungan N, P darr K pupuk organik padat. Dalam penelitian ini terjadi interaksi (P<0.01) terhadap kandungan N. Kandungan N, P dan K tertinggi pada penelitian ini terdapat pada limbah padat biogas isi rumen dan sampah organik dengan perbandingan 50%:50% yaitu sebesar 4.039% dengan penambahan tepung darah (l%), 1.242% kandungan PO4 dengan penambahan tepung tulang 3% dan 1.345% kandungan K2O dengan penambahan bahan organik campuran (tepung daruh 1%, tepung tulang 3% dan abu sekam 3%)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:23
Last Modified: 04 Oct 2011 04:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item