Repository Universitas Andalas

Inventarisasi Tanaman Berkhasiat Obat yang Digunakan Oleh Masyarakat di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

A, Alhamdy and Firmansyah, Firmansyah and Marusin, Netty and Bustini, Bustini and Nurdin, Nurdin (2008) Inventarisasi Tanaman Berkhasiat Obat yang Digunakan Oleh Masyarakat di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Inventarisasi Tanaman Berkhasiat Obat yang Digunakan Oleh Masyarakat di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185Kb) | Preview

Abstract

Telah dicatat dan diamati sejumlah tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat Mentawai khususnya masyarakat di Kecamatan Siberut Utara. Inventarisasi diatas dilakukan secara langsung di lapangan dengan bantuan sikere di dua lokasi yang mewakili daerah pedlaman dan daerah pantai. Wawancara dilaksanakan langsung dengan mengambil tumbuhan yang digunakan sambil mencatat kegunaan, cara pakai, bagian yang dipakai dan jumlah yang dipakai. Dari pengamatan pendahuluan ini dapat disampaikan bahwa masyarakat Mentawai khususnya kecamatan Siberut Utara masih banyak yang percaya akan obat tradisional dan dukun, sejumlah tumbuhan digunakan untuk obat dan tidak terdapat perbedaan yang jelas antara jenis tumbuhan yang tumbuh di perdalaman dan di daerah pantai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 06 Nov 2011 10:48
Last Modified: 06 Nov 2011 10:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item