Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMAKAIAN BERBAGAI MACAM BAHAN PENGAWET DAN PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM KONSUMSI

Arlina, Firda (2008) PENGARUH PEMAKAIAN BERBAGAI MACAM BAHAN PENGAWET DAN PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM KONSUMSI. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMAKAIAN BERBAGAI MACAM BAHAN PENGAWET DAN PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM KONSUMSI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386Kb) | Preview

Abstract

Pengaruh pemakaian berbagai macam bahan pengawet dan lama penyimpanan terhadap kualitas telur ayam konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan pengawet telur ayam konsumsi yang baik dan efisien serta sampai berapa lama dapat disimpan pada suhu kamar. Pada penelitian ini dipergunakan telur ayam konsumsi sebanyak 64 butir dari strain Decalb Warren dengan bahan pengawet air kapur, putih telur dan hidrogen peroksida yang disimpan selama 4 minggu. Hasil penelitian tentang penurunan berat telur selama penyimpanan dengan berbagai macam bahan pengawet menunjukkan perbedaan yang nyata (P < 0,01) penurunan berat telur yang diawetkan dengan hidrogen peroksida lebih sedikit dibandingkan dengan pengawet lain. Pengukuran pH putih telur selama penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata (P < 0,01) pada berbagai macam bahan pengawet dan lama penyimpanan. Pemakaian putih telur pH putih telurnya 8,965 sedangkan hidrogen peroksida 8,890. Pengukuran pH kuning telur selama penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata (P < 0,01) pada pemakaian berbagai macam bahan pengawet dan lama penyimpanan. Hasil penelitian tentang haugh unit selama penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata (P < 0,01). Haugh unit yang terbaik terdapat pada pemakaian hidrogen peroksida.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Nov 2011 03:21
Last Modified: 11 Nov 2011 03:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item