Repository Universitas Andalas

PENDAPATAN ASLI DESA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN DESA DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR

Hasan, Firman (2008) PENDAPATAN ASLI DESA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN DESA DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENDAPATAN ASLI DESA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN DESA DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431Kb) | Preview

Abstract

Proses pembangunan di pedesaan bagaimanapun sederhananya tidak bisa tidak harus membutuhkan dana. Dana tersebut bisa bergerak dari dalam desa yang bersangkutan bisa pula berasal dari luar desa. Namun kalau dilihat dari proses lahirnya desa di Sumatera Barat kelihatan bahwa yang jadi dasar pertimbangan utama adalah bagaimana menjaring sumber dana dari pemerintah (lebih tinggi) yang sebesar-besarnya. Sumber keuangan lain yang sering digarap dan dimanfaatkan oleh desa-desa didaerah ini antara lain: surat keterangan penduduk bagian dari ketertiban nikah, talak dan rujuk, izin keramaian, jual beli tanah dan lain-lain. Semua bersumber pendapatan dan kekayaan ini dikelola oleh pemerintah desa dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan desa secara maksimal. Pola pertanggungjawaban itu diantaranya dengan mengintegrasikannya kedalam Anggaran Penerimaan dan Pengeluaran Desa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Nov 2011 02:50
Last Modified: 11 Nov 2011 02:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16097

Actions (login required)

View Item View Item