Repository Universitas Andalas

Kedudukan Anak Tidak Syah Ditinjau Dari Hukum Adat Tiong Hoa Menurut Hukum Waris (Studi Kasus Pada Masyarakat Tiong Hoa Di Kotamadya Padang)

Elmis, Linda (2008) Kedudukan Anak Tidak Syah Ditinjau Dari Hukum Adat Tiong Hoa Menurut Hukum Waris (Studi Kasus Pada Masyarakat Tiong Hoa Di Kotamadya Padang). Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Kedudukan Anak Tidak Syah Ditinjau Dari Hukum Adat Tiong Hoa Menurut Hukum Waris (Studi Kasus Pada Masyarakat Tiong Hoa Di Kotamadya Padang) )
Download (277Kb) | Preview

Abstract

Anak yang tidak sah adalah anak yang lahir di luar perkawinan kedua orang tuanya. Banyak permasalahan yang timbul tentang kedudukan anak tidak sah ini. Walaupun sudah ada pasal-pasal tertentu di dalam KUHPerdata yang mengaturnya, namun hal ini dirasakan belum cukup memadai terutama bagi masyarakat hukum adat Tiong Hoa yang lebih cenderung mempergunakan hukum adatnya dalam hal pembagian warisan bagi anak-anak dan keluarga yang berhak menerima warisan, tetapi dalam hal pembagian warisan ini ada juga yang menimbulkan permasalahan yang sangat rumit, bila yang akan mendapatkan/menerima warisan itu adalah anak yang tidak sah dari orang tua laki-laki yang tidak terikat perkawinan dengan ibu dari anak tidak sah itu sendiri. Untuk itu dipandang perlu adanya ketentuan yang mengatur mengenai masalah anak tidak sah ini secara tersendiri, sehingga kedudukan anak tidak sah ini menjadi jelas dalam hal pewarisan dari puhak orang tua laki-laki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:12
Last Modified: 07 Dec 2011 08:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item