Repository Universitas Andalas

PENENTUAN KANDUNGAN Pb DI DALAM TANAH DAN TUMBUH-TUMBUHAN PELINDUNG DI SEPANJANG JALAN KHATIB SULAIMAN

Abdullah, Zaimi and Indrawati, Indrawati and Novesar, Novesar (2008) PENENTUAN KANDUNGAN Pb DI DALAM TANAH DAN TUMBUH-TUMBUHAN PELINDUNG DI SEPANJANG JALAN KHATIB SULAIMAN. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENENTUAN KANDUNGAN Pb DI DALAM TANAH DAN TUMBUH-TUMBUHAN PELINDUNG DI SEPANJANG JALAN KHATIB SULAIMAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang kandungan Pb dalam tanah dan daun beberapa tumbuhan pelindung di sepanjang jalan Khatib Sulaiman Padang. Penentuan Pb ini dilakukan juga terhadap sampel kontrol yaitu pasir timbunan (PK) yang umum dipergunakan untuk timbunan jalan raya dan daun waru yang tumbuh jauh dari jalan raya. Hasil analisis kandungan Pb pada tanah permukaan berkisar antara 350 ppm - 500 ppm. Untuk kedalaman 20 cm - 30 cm berkisar antara 50 ppm - 66 ppm dan pasir kontrol 13 ppm. Hasil analisis daun tanaman pelindung untuk akasia = 17 ppm, waru = 24 ppm, mahoni = 33 ppm dan lansano = 30 ppm dan untuk waru kontrol = 8 ppm. Dari hasil analisis tersebut, ternyata bahwa kandungan Pb pada tanah permukaan dan daun tanaman pelindung telah jauh meningkat yang diakibatkan oleh Pb yang berasal dari proses pembakaran bahan bakar dan bahkan telah melampaui batas ambang menurut Allowey.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:09
Last Modified: 07 Dec 2011 08:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item