Repository Universitas Andalas

EUTHANASIA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF INDONESIA SERTA PANDANGAN BEBERAPA AHLI DI KOTAMADYA PADANG

Hasan, Firman and Jamil , Intizham and Utama , Nanda and Adegustara , Frenadin and Daulay , Zainul (2008) EUTHANASIA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF INDONESIA SERTA PANDANGAN BEBERAPA AHLI DI KOTAMADYA PADANG. Project Report. UNAND. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF ( EUTHANASIA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF INDONESIA SERTA PANDANGAN BEBERAPA AHLI DI KOTAMADYA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487Kb) | Preview

Abstract

Euthanasia adalah dengan sengaja tidak melakukan suatu untuk memperpanjang hidup seorang pasien atau sengaja senganja melakukan sesuatu untuk memperpendek atau mengakhiri hidup seorang pasien, dan ini semua dilakukan khusus untuk kepentingan pasien itu sendiri. untuk dapat menentukan adanya tindakan euthanasia harus ditentukan dulu pengertian mati, sebab euthanasia menyangkut masalah hidup dan mati. Pengertian mati menurut ilmu kedokteran telah menganut konsep yang didasarkan atas pengertian mati menurut pengertian klasik, yakni yang didasarkan atas tidak berfungsinya pernafasan dan jantung. pengertian mati menurut ilmu hukum adalah tidak berlakunya lagi pernafasan. Pengertian mati yang berbeda ini dapat menimbulkan masalah, sebab menurut dokter seorang telah mati apabila otak tidak berfungsi lagi.sedangkan menurut ahli hukum orang masih hidup selama masih bernafas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:15
Last Modified: 17 Nov 2011 12:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item View Item