Repository Universitas Andalas

STUDI PERBANDINGAN MENENTUKAN PENYELESAIAN PERSAMAAN DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EULER DAN RUNGE KUTTA

Ginting, Bukti (2008) STUDI PERBANDINGAN MENENTUKAN PENYELESAIAN PERSAMAAN DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EULER DAN RUNGE KUTTA. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (STUDI PERBANDINGAN MENENTUKAN PENYELESAIAN PERSAMAAN DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EULER DAN RUNGE KUTTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236Kb) | Preview

Abstract

Sebenarnya suatu persamaan yang mengandung turunan fungsi satu variabel muncul hampir disetiap cabang matematika yang digunakan. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa setiap situasi fisik yang berhubungan dengan kecepatan perubahan satu variabel terhadap variabel lainnya akan menuju kesatu persamaan diferensial dan situasi seperti ini sangat sering dijumpai. Ada banyak cara penyelesaian persamaan diferensial dalam bentuk fungsi elementer atau dalam bentuk fungsi khusus misalnya fungsi bessel. Sekalipun demikian perlu diperhatikan bahwa sering terjadi persoalan praktis yang tidak dapat diselesaikan sama sekali dengan metode klasik ataupun penyelesaiannya sangat sukar didapat atau dievaluasi sehingga hanya menimbulkan kesulitan saja. Perlu ditegaskan bahwa adanya persoalan yang tidak dapat diselesaikan secara klasik tidak berarti bahwa kita dapat mengabaikan metode klasik. Berdasarkan hal ini maka salah satu cara untuk menye lesaikan persamaan diferensial biasa adalah dengan pendekatan numerik yang dalam tulisan ini digunakan dua metode numerik yaitu metode Euler dan metode Runge-Kutta orde keempat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 07:59
Last Modified: 07 Dec 2011 07:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item