Repository Universitas Andalas

Pemeliharaan Preventif Alat Transport Material (Bucket Elevator) di Indarung II/III PT. Semen Padang

Atos, Praja Dilla (2010) Pemeliharaan Preventif Alat Transport Material (Bucket Elevator) di Indarung II/III PT. Semen Padang. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pemeliharaan Preventif Alat Transport Material (Bucket Elevator) di Indarung II/III PT. Semen Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635Kb) | Preview

Abstract

Bucket Elevator merupakan salah satu alat transport material yang terdapat di pabrik Indarung II/III PT. Semen Padang dan berguna untuk memindahkan material (raw mix) secara vertikal dan secara berkesinambungan dengan menggunakan bucket. Bucket Elevator dibagi menurut sistem transmisinya ada yang menggunakan rantai dan belt. Sifat material yang dipindahkan berupa serbuk, granular dan pasir yang kering. Material Raw Mix merupakan hasil proses dari Raw Mill yang selanjutnya ditransport ke Separator dengan menggunakan Bucket Elevator untuk proses pembuatan semen selanjutnya. Bucket Elevator tidak cocok digunakan untuk memindahkan material yang bergumpal besar dan lengket. Keuntungan alat ini yaitu antara lain: mampu untuk menaikan material dengan ketinggian sampai 50 meter dengan kapasitas mencapai 50 m^3/jam dan dengan suhu lebih dari 100 'C tergantung dari jenis bucket yang digunakan. Disamping itu kelemahan alat ini yaitu sensitif dengan kelebihan beban. Pemeliharan preventif yang dilakukan terhadap alat adalah perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan bulanan dan perawatan tahunan yang meliputi kegiatan pembersihan, pengecekan dan pengencangan baut, pemeriksaan kondisi dan pelumasan. Pemeliharaan dilakukan terhadap bagian-bagian utama Bucket Elevator seperti Structure, Drive Unit dan Trasport Component.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Dec 2011 09:54
Last Modified: 19 Dec 2011 09:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item