Repository Universitas Andalas

PENGARUH MINYAK ATSIRI RIMPANG LEMPUYANG WANGI (Zingiber aromaticum Val.) TERHADAP LIBIDO MENCIT PUTIH JANTAN

Boestari, Agusri and Dharma, Surya (2008) PENGARUH MINYAK ATSIRI RIMPANG LEMPUYANG WANGI (Zingiber aromaticum Val.) TERHADAP LIBIDO MENCIT PUTIH JANTAN. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MINYAK ATSIRI RIMPANG LEMPUYANG WANGI (Zingiber aromaticum Val.) TERHADAP LIBIDO MENCIT PUTIH JANTAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang efek farmakologi dari minyak atsiri rimpang lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.) terhadap libido mencit putih jantan pada dosis 7,5 mg/kg berat badan dan sebagai pembanding dari percobaan ini adalah yohimbin HCl dengan dosis 0,01 mg/kg berat badan. Kemampuan minyak atsiri rimpang lempuyang wangi dibandingkan terhadap kontrol yang hanya diberikan larutan suspensi gom acasia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri rimpang lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.) mempunyai kemampuan dalam meningkatkan libido mencit putih jantan p < 0,01 dan kemampuan minyak atsiri ini apabila dibandingkan dengan yohimbin HCl masih jauh lebih rendah pada p < 0,01.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Dec 2011 03:57
Last Modified: 21 Dec 2011 03:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item View Item