Repository Universitas Andalas

Komunitas Ikan Kepe-kepe (Chaetodontidae) di kawasan Terumbu Karang di Pulau Pieh Provinsi Sumatera Barat

Desmaulien, Desmaulien (2011) Komunitas Ikan Kepe-kepe (Chaetodontidae) di kawasan Terumbu Karang di Pulau Pieh Provinsi Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Komunitas Ikan Kepe-kepe (Chaetodontidae) di kawasan Terumbu Karang di Pulau Pieh Provinsi Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32Kb) | Preview

Abstract

Penelitian Komunitas Ikan Kepe-kepe (Chaetodontidae) di kawasan Terumbu Karang di Pulau Pieh Provinsi Sumatera Barat telah dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2009 dan bulan Desember 2009. Metode yang digunakan adalah metode Survei dengan perhitungan persentase tutupan karang hidup dengan cara transek kuadrat dan perhitungan jumlah ikan Chaetodontidae dengan cara visual sensus. Hasil penelitian ditemukan 30 individu yang terdiri dari delapan spesies dalam tiga genera. Genus Chaetodon lima spesies yaitu ; Chaetodon rafflesi dengan jumlah yang terbanyak yaitu sembilan individu, Chaetodon vagabundus lima individu, C citrinellus empat individu, C trifasciatus tiga individu, C auriga dua individu. Genus Heniochus ada dua spesies yaitu H. pleurotaenia satu individu dan H. singularius tiga individu sedangkan genus Forcipiger ada satu spesies dengan satu individu. Kelimpahan (K) berkisar antara 10-20 individu dalam luas 375 m2, Kelimpahan tertinggi berada di stasiun II sebesar 20 ind/375 m2. Indeks kenekaragaman (H’) berkisar antara 0,79-0,95. Nilai indeks keanekaragaman tertinggi dari stasiun II dengan nilai 0,95. Indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,67-0,96.indeks Dominansi (D) berkisar antara 0,57-0,82. Nilai indeks dominansi tertinggi dari stasiun I dengan nilai 0,82. Indeks Similaritas ikan Chaetodontidae di Kawasan Terumbu Karang Pulau Pieh adalah 55%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Dec 2011 09:18
Last Modified: 20 Dec 2011 09:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item