Repository Universitas Andalas

MODEL PERILAKU DALAM ARENA SOSIAL DI PASAR : Kasus Pasar Nagari Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat

OKTAYANTY, YETTY (2011) MODEL PERILAKU DALAM ARENA SOSIAL DI PASAR : Kasus Pasar Nagari Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (MODEL PERILAKU DALAM ARENA SOSIAL DI PASAR : Kasus Pasar Nagari Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80Kb) | Preview

Abstract

Pasar Nagari Lubuk Alung sudah ada sejak tahun 1951-an. Pasar ini merupakan pasar yang cukup besar di Kecamatan Lubuk Alung yang dikelola secara mandiri oleh Kepala Pasar dan diawasi oleh Kerapatan Adat Nagari. Meskipun statusnya adalah pasar nagari, pemerintah tetap ikut andil terutama dalam hal penyediaan bantuan. Di Pasar nagari ini frekuensi masyarakat yang memanfaatkan pasar cukup tinggi. Hal ini disebabkan Pasar Nagari Lubuk Alung merupakan pasar nagari yang mencakup kebutuhan masyarakat satu kecamatan. Di dalam pasar nagari tersebut terdapat bermacam-macam agen yang memiliki hubungan dengan pasar. Agen di pasar nagari terdiri dari Dinas Koperindag, Kepala Pasar, Produsen, Pedagang dan Konsumen. Terdapat perbedaan dalam berperilaku antar agen dalam melakukan aktivitas di pasar. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk membahas apa yang terjadi di pasar yang berhubungan dengan model perilaku dan aktivitas agen di pasar sebagai arena sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan model perilaku agen di pasar dan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk aktivitas perilaku dari agen di Pasar Nagari Lubuk Alung. Tipe penelitian menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan Kebudayaan atau etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara bebas dan mendalam, dan kepustakaan. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Ada 25 infroman yang terdiri dari 12 orang informan kunci dari agen yang berhubungan dengan pasar yaitu pemerintahan daerah dalam hal ini Pemerintahan Nagari dan Dinas Koperindag, Kepala Pasar, Pedagang, Konsumen dan produsen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sedikitnya 3 model perilaku yang mendasari agen dalam melakukan aktivitas di Pasar Nagari Lubuk Alung. Pada umumnya para agen memiliki ketiga model perilaku, namun hanya ada beberapa model dominan yang melekat pada diri mereka. Sebagaian pedagang, produsen dan konsumen memiliki model self interest, sementara pemerintah berada pada model sosial, serta beberapa pedagang dan Kepala Pasar diidentifikasikan memiliki model moral. Pada kenyataanya model self interest tetap memiliki andil yang kuat dalam setiap diri agen sebagai individu, sementara model sosial dan moral, walaupun ada, namun cukup sulit ditemukan di masa sekarang pada agen sosial di pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:34
Last Modified: 03 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item