Repository Universitas Andalas

OPTIMASI PENENTUAN Cd(II) DAN Cu(II) SECARA SERENTAK DENGAN VOLTAMMETRI STRIPPING ADSORPTIF (AdSV)

Indriani, Gita (2011) OPTIMASI PENENTUAN Cd(II) DAN Cu(II) SECARA SERENTAK DENGAN VOLTAMMETRI STRIPPING ADSORPTIF (AdSV). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (OPTIMASI PENENTUAN Cd(II) DAN Cu(II) SECARA SERENTAK DENGAN VOLTAMMETRI STRIPPING ADSORPTIF (AdSV)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai optimasi penentuan Cd(II) dan Cu(II) secara serentak dengan voltammetri stripping adsorptif (AdSV) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kondisi optimum dalam penentuan Cd(II) dan Cu(II) secara serentak menggunakan beberapa parameter antara lain, variasi elektrolit pendukung, potensial akumulasi, waktu akumulasi, konsentrasi kalkon, dan pH larutan. Dalam hal ini, diperoleh kondisi optimum untuk elektrolit pendukung KCl dengan konsentrasi 0,1 M; potensial akumulasi -0,7 V; waktu akumulasi 80 detik; konsentrasi kalkon 0,14 mM; dan pH larutan 6. Untuk menentukan tingkat ketelitian metoda dilakukan penentuan standar deviasi relatif (SDR). Hasil SDR yang diperoleh adalah 5,85% untuk Cd(II) dan 2,58% untuk Cu(II). Hal ini menunjukkan metoda tersebut memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Metoda ini diaplikasikan terhadap sampel air laut yang diambil di Perairan Bungus Padang. Hasil perolehan kembali yang didapatkan masing-masing logam adalah 98,23% untuk Cd(II) dan 95,51% untuk Cu(II). Berdasarkan nilai persen perolehan kembali yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa metoda ini memiliki ketepatan yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:34
Last Modified: 03 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item