Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN HAK-HAK TERDAKWA YANG DIPUTUS LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DI PENGADILAN NEGERI PADANG

FAILIN , FAILIN (2011) PELAKSANAAN HAK-HAK TERDAKWA YANG DIPUTUS LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DI PENGADILAN NEGERI PADANG. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN HAK-HAK TERDAKWA YANG DIPUTUS LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DI PENGADILAN NEGERI PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93Kb) | Preview

Abstract

Hak-hak tersangka atau terdakwa dalam KUHAP sejalan dengan pengakuan Hak Asasi Manusia (HAM). Berdasarkan demikian seorang tersangka atau terdakwa tidak dapat dianggap bersalah sebelum dinyatakan oleh keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan pasti. Perlindungan tersangka atau terdakwa dari kesewenangan penegak hukum dalam menjalankan tugas dan wewenangnya harus dapat dilaksanakan dalam peradilan pidana. Namun kesenjangan hak tersangka atau terdakwa dapat terjadi baik secara normatif maupun secara empiris, hal ini dapat disebabkan rumusan Undang-undang yang tidak jelas, atau persepsi penegak hukum dan pencari keadilan yang berbeda terhadap hak tersebut. Putusan lepas dari segala tuntutan hukum merupakan suatu putusan yang menjadi sorotan bagi masyarakat, karena dalam hal ini seseorang ditangkap, dituntut dan telah menjalankan pemeriksaan di sidang pengadilan sehingga ia terbukti secara sah dan meyakinkan dengan perbuatan yang didakwakan kepadanya akan tetapi perbuatan tersebut tidak merupakan suatu tindak pidana. Dalam hal ini selama menjalankan proses sidang di Pengadilan si terdakwa telah menghabiskan waktunya di tahanan sehingga pada akhirnya di putus lepas oleh hakim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 26 Dec 2011 07:33
Last Modified: 26 Dec 2011 07:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16832

Actions (login required)

View Item View Item