Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN (STUDI KASUS PDAM TIRTA SAKTI KABUPATEN KERINCI)

Miftahuddin, Miftahuddin (2011) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN (STUDI KASUS PDAM TIRTA SAKTI KABUPATEN KERINCI). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN (STUDI KASUS PDAM TIRTA SAKTI KABUPATEN KERINCI)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3348Kb) | Preview

Abstract

Persediaan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena dengan adanya persediaan, proses produksi dapat berjalan dengan lancar tanpa harus mengkhawatirkan adanya kekurangan barang-barang atau bahan-bahan yang digunakan untuk kegiatan produksi atau operasional. Namun apabila persediaan terlalu banyak, maka akan menimbulkan kerugian pada perusahaan karena perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk melakukan perawatan terhadap barang. Selain itu, dana yang dimiliki perusahaan akan terlalu banyak dialokasikan untuk melakukan pembelian persediaan barang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sakti yang berhubungan dengan manajemen persediaan. Permasalahan tersebut adalah adanya kesulitan bagian kantor pusat PDAM Tirta Sakti dalam menentukan jenis barang tertentu apakah masih tersedia di delapan gudang cabang atau tidak. Hal ini dapat disebabkan tidak jelasnya pencatatan barang yang keluar masuk gudang. Selain itu, permasalahan lainnya adalah seringnya terjadi keterlambatan dalam proses pengadaan barang sehingga mengakibatkan kehabisan stock barang di gudang pusat maupun di gudang-gudang cabang. Hal ini dapat terjadi karena tidak jelasnya safety stock yang dapat dijadikan sebagai dasar kapan harus dilakukan pemesanan barang kembali. Tidak adanya sistem pengkodean barang yang baik juga menyebabkan timbulnya masalah. Hal ini disebabkan barang-barang yang terdapat di gudang tidak tersusun dengan baik dan rapi sehingga banyak barang yang berbeda jenis bercampur aduk satu dengan yang lainnya. Akibatnya, bagian gudang mengalami kesulitan dalam menentukan apakah barang masih tersedia di gudang atau tidak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Dec 2011 07:34
Last Modified: 26 Dec 2011 07:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item