Repository Universitas Andalas

ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN BIDANG KESEHATAN DI KOTA SOLOK TAHUN 2007-2010

MELDAYENI, MELDAYENI (2011) ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN BIDANG KESEHATAN DI KOTA SOLOK TAHUN 2007-2010. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN BIDANG KESEHATAN DI KOTA SOLOK TAHUN 2007-2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105Kb) | Preview

Abstract

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu upaya untuk menunjang pembangunan nasional, yang diarahkan untuk menciptakan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Pentingnya peran kesehatan dalam pembangunan suatu negara dan daerah menghendaki pembangunan bidang kesehatan dilakukan secara terencana, terarah, komprehensif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsistensi perencanaan dan penganggaran bidang kesehatan di Kota Solok selama tahun 2007-2010, pencapaian derajat kesehatan masyarakat serta kebijakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsistensi perencanaan dan penganggaran bidang kesehatan di Kota Solok. Analisis konsistensi antara perencanaan dan penganggaran bidang kesehatan di Kota Solok dilakukan dengan membuat matrik konsolidasi perencanaan dan penganggaran (MKPP) program-kegiatan bidang kesehatan melalui integrasi antara dua dokumen, yakni: Integrasi RPJMD dengan RKPD, RKPD dengan KUA, KUA dengan PPAS, RKPD dengan APBD dan PPAS dengan APBD. Pencapaian derajat kesehatan masyarakat berdasarkan indikator kinerja bidang kesehatan dalam dokumen RPJMD Kota Solok Tahun 2006-2011 dan Indikator Indonesia Sehat berdasarkan Kepmenkes Nomor 202/Menkes/SK/VIII/2003 dalam mewujudkan Solok Sehat Tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun masih terdapat ada program dan kegiatan yang tidak konsisten, namun secara umum antar dokumen telah menunjukkan tingkat konsistensi cukup baik. Konsisten untuk anggaran bidang kesehatan antara PPAS dengan APBD di Kota Solok cukup baik dengan tingkat deviasi anggaran yang terjadi sangat kecil yaitu berkisar <10%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 22 Dec 2011 13:09
Last Modified: 22 Dec 2011 13:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item