Repository Universitas Andalas

PENENTUAN KRITERIA ESCAPE BUILDING DAN ASSESSMENT ESCAPE BUILDING POTENSIAL DI KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

Utari, Rahmi (2011) PENENTUAN KRITERIA ESCAPE BUILDING DAN ASSESSMENT ESCAPE BUILDING POTENSIAL DI KOTA PADANG, SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENENTUAN KRITERIA ESCAPE BUILDING DAN ASSESSMENT ESCAPE BUILDING POTENSIAL DI KOTA PADANG, SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (309Kb) | Preview

Abstract

Pantai Barat Sumatera berada dalam rangkaian Ring of Fire Pacific, hal ini menyebabkan Pantai Barat Sumatera memiliki resiko besar terhadap bencana gunung merapi, gempa bumi,dan tsunami.Mentawai diprediksi para ahli akan terjadi gempa dengan kekuatan 8,8 0,1 SR dan beresiko tsunami. Kondisi Kota Padang yang landai menyebabkan kota ini memiliki resiko besar apabila tsunami datang. 800 ribu penduduk yang berada didaerah rawan bencana ± 560 ribu tidak dapat mencapai daerah aman apabila terjadi tsunami. Oleh karena itu pemerintah kota Padang perlu mempersiapkan sebuah sistem yang handal untuk dapat meminimasi korban tsunami, jawabannya adalah dengan membangun Escape Building. Escape Building merupakan tempat masyarakat menyelamatkan diri apabila terjadi bencana. Tidak hanya konstrusi, ketinggian bangunan yang dipersiapkan pada sebuah Escape Building namun kebutuhan logistik dan sistem yang handal pada sebuah Escape Building memperlihatkan keseriusan kota Padang dalam upaya kesiapannya menghadapi bencana tsunami. Pentingnya peran Escape Building menyebabkan perlu ditelitinya kriteria yang harus dipenuhi sebuah Escape Building. Penelitian ini dimulai dengan melakukan studi pendahuluan berupa studi literature dan melakukan diskusi dengan para ahli dibidang kebencanaan. Selanjutnya dilakukan pembangunan kriteria dengan menggunakan metode Delphi. Metode Delphi round pertamamenggunakan kuisioner terbuka, sehingga para ahli dapat menilai indikator yang ada dan menambah kriteria/indikator yang dianggap penting untuk Escape Building. Metode Delphi round kedua menggunakan kuisioner tertutup dengan penilaian menggunakan skala linkert untuk menilai tingkat kepentingan masing-masing indikator dan menggunakan metode pair comparison untuk menentukan bobot kriteria.Setelah diperoleh kriteria dan indikator, selanjutnya dilakukan penilaian terhadap gedung Escape Building potensial di kota Padang. Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh 6 kriteria yang memiliki bobot sebagai berikut: Aksesibilitas (30,80%), Informasi dan komunikasi (16,40%), Logistik (17,74%), Fasilitas dan Peralatan Pendukung (19,62%), Regulasi (9,77%) dan Manajemen gedung (5,68%). Terdapat 12 gedung potensial di kota Padang dengan nilai tertinggi 48,3% dari skala total 100% dan nilai terendah 38,8%. Memperlihatkan kota Padang masih memerlukan perhatian ekstra dalam mempersiapkan diri menghadapi prediksi tsunami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Dec 2011 23:42
Last Modified: 25 Dec 2011 23:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item