Repository Universitas Andalas

ANALISA PENGENDALIAN BIAYA PENGOLAHAN TEH HITAM PADA PTPN VI KEBUN TEH KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

DELTU, SRI NOVA (2011) ANALISA PENGENDALIAN BIAYA PENGOLAHAN TEH HITAM PADA PTPN VI KEBUN TEH KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENGENDALIAN BIAYA PENGOLAHAN TEH HITAM PADA PTPN VI KEBUN TEH KAYU ARO KABUPATEN KERINCI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada PTP Nusantara VI Kayu Aro Kabupaten Kerinci pada bulan Desember 2010 sampai Januari 2011 dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang terkait dengan penyimpangan antara biaya yang dianggarkan dengan realisasinya, dan menganalisa pengendalian biaya pengolahan teh hitam pada perkebunan PTPN VI Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Analisa data yang digunakan adalah analisa kuantitif berupa analisa korelasi dan analisa tiga selisih. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Selama tahun 2008 sampai tahun 2010 diketahui faktor-faktor yang paling terkait dengan penyimpangan biaya pengolahan dalam konteks biaya bahan baku terkait biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik jumlah kuantitas bahan baku dengan korelasi sebesar 52,8%, untuk biaya tenaga kerja adalah upah tenaga kerja langsung dengan korelasi sebesar 95,6%, dan untuk biaya overhead pabrik adalah biaya cangkang dengan korelasi sebesar 87,6%. Sistem pengendalian biaya pengolahan yang diterapkan pada perkebunan PTP Nusantara VI Kayu Aro menggunakan anggaran sebagai standar. Anggaran ditetapkan secara Bottom Up dan pengawasannya dalam bentuk Top Down dengan metode satu selisih. Disarankan kepada pihak PTP Nusantara VI Kebun Teh Kayu Aro untuk menggunakan sistem biaya standar sebagai alat ukur prestasi kinerja manajemen dan menggunakan metode pengendalian biaya produksi tiga selisih untuk menelusuri penyimpangan biaya yang terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:34
Last Modified: 03 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item