Repository Universitas Andalas

DINAMIKA GABUNGAN KELOMPOK TANI AL-ZAITUN FARM DI NAGARI BATAGAK, KABUPATEN AGAM TAHUN 1995-2008

NOFFARDI , FERI (2011) DINAMIKA GABUNGAN KELOMPOK TANI AL-ZAITUN FARM DI NAGARI BATAGAK, KABUPATEN AGAM TAHUN 1995-2008. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF (DINAMIKA GABUNGAN KELOMPOK TANI AL-ZAITUN FARM DI NAGARI BATAGAK, KABUPATEN AGAM TAHUN 1995-2008 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (104Kb) | Preview

Abstract

ABTRAK Skripsi ini berjudul “Dinamika Petani di Nagari Batagak Tahun 1995-2008” Penelitian ini difokuskan kepada kehidupan sosial ekonomi petani dan perkembangan kelompok tani di kenagarian Batagak Kecamatan Sungaipua. Disamping itu juga dibahas pengolahan lahan, serta dampak keberadaan kelmpok tani terhadap aktivitas pertanian yang dilakukan oleh petani dinagari Batagak, Kecamatan Sungaipua, Kabupaten Agam. Penulisan sekripsi ni digolongkan kepada sejarah eknomi pedesaan yang menekankan pada masalah ekonomi petani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik (mencari dan mengumpulkan sumber) dan kritik sumber ( yang terdiri dari kritik eksteren dan kritik interen) interprestasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi kearsipan, dan studi lapangan (wawancara). Dengan menggunakan tahapan penelitian sejarah ini diharapkan penelitian in menghasilkan karya sejarah yang bersifat deskriptif-analitis dalam urutan waktu yang kronologis. Hasil penlitian ini menunjukkan sejak tahun 1995 muncul kelompok tani di Nagarian Batagak dilatarbelakangi oleh adanya bantuan dari Dinas pertanian yang terkait. Keberadaan kelompok tani membawa perubahan yang besar terhadap pola budidaya pertanian di nagari Batagak. Perubahan tersebut melipi, dalam hal pola hidup, pola pikir dimana masyarakat mulai terbiasa dalam wadah sebuah organisasi. Perubahan yang tidak kalah pentingnya adalah sistem budidaya yang mulai dengan mengenal dan menerapkan tata cara berbudidaya secara baik dan optimal. Manfaat adanya kelompok tani di nagari Batagak yang lain diantaranya pemerintahan baik kecamatan maupun kabupaten mulai memperhatikan potensi nagari ini, ini dibuktikan dengan adanya kucuran kredit tani, serta proyek-proyek pertanian sebagai wahana pendidikan khususnya bagi anggota kelompok maupun masyarakat luas umumnya. Aktivitas pertanian dengan keberadaan kelompok tani serta perhatian pemerintah setempat telah mampu meningkatkan kemakmuran masyarakat. Peningkatan ini dapat dilahat dari gaya hidup mereka, seperti dalam hal tranportasi masyarakat umumnya sudah punya kendaraan seperti roda dua dan tempat tinggal yang umumnya sudah permanen serta kemampuan melanjutkan pendidikan anak-anaknya kejenjang yang lebih tinggi. Disamping itu keberadaan kelompok tani juga telah banyak menambah pengetahuan masyarakat dalam hal budidaya pertanian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item