Repository Universitas Andalas

LIKA-LIKU PERJALANAN SOPIR TRUK (Studi Kasus: 7 Orang Sopir Truk Trayek Bukittinggi-Jakarta)

RIKARDO SAPUTRA, ROKI (2011) LIKA-LIKU PERJALANAN SOPIR TRUK (Studi Kasus: 7 Orang Sopir Truk Trayek Bukittinggi-Jakarta). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. .

[img]
Preview
PDF (LIKA-LIKU PERJALANAN SOPIR TRUK (Studi Kasus: 7 Orang Sopir Truk Trayek Bukittinggi-Jakarta) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini jalur lalu lintas antar propinsi makin meluas. Sementara itu, pekerjaan mengemudi truk dalam rentang yang panjang dan banyak hambatan merupakan pekerjaan yang seringkali mendatangkan ketegangan dan kelelahan fisik secara berlebihan. Jarak tempuh yang panjang dan karenanya memerlukan waktu yang lama membuat sopir truk jarang bertemu dengan keluarganya. Kehidupan seksual bagi orang-orang dewasa termasuk para awak armada truk, merupakan bagian penting dalam hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan itu maka sebagian sopir truk melakukan “Jajan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan alasan-alasan sopir truk Bukittinggi-Jakarta asal Bukittinggi melakukan “Jajan” diperjalanan. Dan bagaimana pengetahuan sopir truk tentang akibat seks menyimpang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Aksi (Motive to Action), ada motif ada tindakan. Tindakan berdasarkan motif atau dorongan untuk melakukan sebuah tindakan. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Pemilihan informannya dilakukan secara Indepth participant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hal yang menjadi alasan sopir truk melakukan “jajan” dijalan antara lain: Alasan Melepas ketegangan di perjalanan, sebagian sopir truk yang memilih rumah makan tertentu untuk beristirahat, selain untuk sekedar mencari tempat istirahat dan hiburan para awak armada truk mencari hiburan dengan melakukan kegiatan seksual. Hal tersebut dilakukan mereka karena sudah menjadi kebiasaan dan untuk melepas ketegangan bagi sebagian sopir truk yang suka berhubungan seks dengan wanita penjaja seks. Alasan Keamanan, selain bertujuan untuk beristirahat mereka berhenti disana juga dalam tujuan untuk keamanan dijalan. Dalam peristirahatan yang dilakukan sopir truk tersebut mempunyai tujuan awal untuk beristirahat dan menjaga keamanan, tetapi dengan adanya penyediaan wanita penghibur oleh pemilik warung maka sopir tersebut melakukan “jajan” di tempat peristirahatan itu. Pengetahuan sopir truk akibat seks menyimpang sangat kurang, dikarenakan pendidikan yang tidak terlalu tinggi dan kurangnya mengakses informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16887

Actions (login required)

View Item View Item