NURMANSYAH, NURMANSYAH (2011) PEMBANGUNAN JALAN PADANG BY PASS DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI BAGI MASYARAKAT SEKITAR (1991-2003). Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.
|
PDF (PEMBANGUNAN JALAN PADANG BY PASS DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI BAGI MASYARAKAT SEKITAR (1991-2003))
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (87Kb) | Preview |
Abstract
Jalan Padang By Pass adalah sebuah proyek pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1991 yang tepatnya dilakukan pada periode Repelita IV. Proyek pembangunan Jalan Padang By Pass ini dibangun memanjang di kawasan Timur Kota Padang yaitu dari Kelurahan Lubuk Begalung sampai pada Kelurahan Duku Kabupaten Pariaman. Pembangunan Jalan Padang By Pass ini selesai pada tahun 1993, yang ditandai dengan dilakukannya pembukaan Jalan Padang By Pass untuk umum. Dalam penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu metode yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian, penulis melakukan pengumpulan data dengan dua cara. Pertama, dengan melakukan studi kepustakaan untuk memperoleh sumber-sumber tertulis. Kedua, melakukan studi penelitian lapangan yaitu dengan melakukan wawancara terhadap penduduk-penduduk yang terdapat di sepanjang Jalan Padang By Pass. Pembangunan Jalan Padang By Pass ini telah memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar. Dampak pembangunan ini bukan hanya bisa dirasakan setelah proyek ini diselesaikan, akan tetapi sudah dirasakan sebelum proyek ini dikerjakan yaitu pada proses pembebasan tanah. Dalam hal pembebasan tanah, pemerintah memakai sebuah cara yang disebut dengan konsolidasi tanah. Dengan konsolidasi tanah ini masyarakat tidak menerima ganti rugi atas tanah mereka yang terpakai untuk pembangunan, ganti rugi hanya diberikan untuk menganti bangunan dan tanaman yang terkena pembangunan. Sebagai imbalan bagi masyarakat yang mau memberikan tanahnya maka pemerintah menjanjikan akan memberikan sertifikat dan surat izin mendirikan bangunan ( IMB ) secara gratis bagi masyarakat terhadap sisa tanah konsolidasi. Dalam konsolidasi ini juga terjadi pemindahan tanah masyarakat yang terkena proyek pembangunan ke daerah lain. Proses ini menjadi masalah ketika masyarakat yang dipindahkan tidak mau menerima tanah pemindahan dengan berbagai alasan. Sehingga, hal ini menjadi persengketaan antara sesama masyarakat yang berlanjut pada persidangan di pengadilan. Selesainya pembangunan Jalan Padang By Pass juga memberikan dampak terhadap masyarakat, adapun dampak yang dirasakan oleh masyarakat adalah strategisnya lokasi di sepanjang jalan mengakibatkan kenaikan terhadap harga tanah di sepanjang jalan tersebut. Hal ini juga memunculkan spekulan-spekulan tanah yang ingin membeli tanah di sepanjang jalan ini. Banyaknya spekulan tanah yang ingin memiliki tanah disepanjang Jalan Padang By Pass ini maka, masyarakat sekitar mendapat nilai yg tinggi atas tanah mereka dibanding dengan sebelum terjadinya pembangunan. Pembangunan unit usaha dengan sendirinya memberikan peluang bagi masyarakat untuk memiliki mata pencaharian lain selain dari bidang pertanian. Pembangunan perumahan yang dilakukan oleh developer memberikan perubahan terhadap jumlah dan kepadatan penduduk disetiap kelurahan di sepanjang Jalan Padang By Pass.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 03 Jan 2012 14:32 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 14:32 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16922 |
Actions (login required)
View Item |