Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN LATAR BELAKANG DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG DITERIMA MELALUI JALUR PMDK, SNMPTN DAN SPMBM (Studi Kasus : Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Andalas)

ARYANI, SUCIANA BUDI (2011) PERBANDINGAN LATAR BELAKANG DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG DITERIMA MELALUI JALUR PMDK, SNMPTN DAN SPMBM (Studi Kasus : Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Andalas). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN LATAR BELAKANG DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG DITERIMA MELALUI JALUR PMDK, SNMPTN DAN SPMBM (Studi Kasus : Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Andalas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54Kb) | Preview

Abstract

Universitas merupakan salah satu sarana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk masuk ke suatu universitas, khususnya universitas Andalas calon mahasiswa bisa mengikuti Penjaringan Minat dan Kemampuan (PMDK), Seleksi Nasianal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMBM). Setelah mahasiswa masuk ke suatu universitas ada anggapan bahwa mahasiswa yang diterima melalui jalur PMDK memiliki latar belakang dan kemampuan akademis yang lebih baik daripada mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SPMBM, selain itu mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN memiliki latar belakang dan kemampuan akademis yang lebih baik dari pada mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMBM. Pada penelitian ini akan dilakukan uji kesamaan vektor nilai tengah latar belakang akademik dan prestasi akademik mahasiswa yang diterima melalui jalur PMDK, SNMPTN dan SPMBM dengan menggunakan statistik T2-Hotteling. Statistik T2-Hotteling merupakan metode yang digunakan untuk menguji kesamaan antara vektor nilai tengah dua peubah. Dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara latar belakang akademik mahasiswa PMDK dan mahasiswa SNMPTN serta antara latar belakang akademik mahasiswa SNMPTN dan mahasiswa SPMBM. Kemampuan akademis mahasiswa PMDK dan kemampuan akademis mahasiswa SNMPTN berbeda dengan kemampuan akademis mahasiswa SPMBM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16938

Actions (login required)

View Item View Item