Repository Universitas Andalas

PERAN SEKTOR PERIKANAN DALAM PEREKONOMIAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA: ANALISIS INPUT-OUTPUT

Yuli Putra, Dody (2011) PERAN SEKTOR PERIKANAN DALAM PEREKONOMIAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA: ANALISIS INPUT-OUTPUT. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (ERAN SEKTOR PERIKANAN DALAM PEREKONOMIAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA: ANALISIS INPUT-OUTPUT ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70Kb) | Preview

Abstract

Sebagai negara kepulauan terluas di dunia, dimana sekitar 70% wilayahnya terdiri dari perairan, Indonesia memiliki potensi pada sektor perikanan yang sangat besar, baik ditinjau dari kuantitas maupun diversivitas. Potensi tersebut merupakan potensi ekonomi yang diperkirakan mencapai US$ 82 miliar pertahun. Dengan potensi yang ada tersebut seharusnya meletakan sektor perikanan manjadi salah satu sektor riil yang potensial di Indonesia. Keadaan ini menyebabkan perlunya pengelolaan yang baik sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis yang merupakan penjabaran dari model input-output, dengan melihat bagaimana peran sektor perikanan dalam perekonomian dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia dengan menganalisis 1) peran sektor perikanan dan keterkaitan ke depan dan ke belakang (forward and backward linkage) dalam perekonomian Indonesia, 2) angka pengganda output, angka pengganda pendapatan rumah tangga dan angka pengganda lapangan pekerjaan pada sektor perikanan dan, 3) dampak permintaan akhir terhadap pembentukan output total dan kebutuhan tenaga kerja serta dampak penambahan investasi pada sektor perikanan terhadap kebutuhan tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran sektor perikanan dalam perekonomian Indonesia masih sangat kecil. Hal tersebut dapat terlihat, antara lain dengan kontribusi dalam pembentukan output perekonomian nasional yang hanya mencapai 1,75% dan angka keterkaitan total yang relatif kecil yaitu sebesar 2,62876. Angka keterkaitan yang kecil ini menunjukan bahwa kecilnya multiplier efect yang ditimbulkan dari perkembangan sektor perikanan terhadap perekonomian, dimana setiap kenaikan satu satuan unit output sektor perikanan hanya akan berdampak pada peningkatan output total perekonomian sebesar 2,62876 rupiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item