Repository Universitas Andalas

WOMEN INEQUALITY AS ISSUED IN SOME NEWS TITLE OF THE JAKARTA POST NEWSPAPER: A SEMIOTIC ANALYSIS

KHARISMADEWI, YOFFIE (2011) WOMEN INEQUALITY AS ISSUED IN SOME NEWS TITLE OF THE JAKARTA POST NEWSPAPER: A SEMIOTIC ANALYSIS. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF (WOMEN INEQUALITY AS ISSUED IN SOME NEWS TITLE OF THE JAKARTA POST NEWSPAPER: A SEMIOTIC ANALYSIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38Kb) | Preview

Abstract

Tesis Women Inequality as Issued in Some News Title of The Jakarta Post Newspaper: A Semiotic Analysis ini menganalisa tentang penanda dan tinanda, serta makna denotatif dan konotatif secara linguistik sehingga menghasilkan makna dari pesan tersirat yang terdapat pada judul berita. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) mengetahui dan menganalisis penanda dan tinanda dalam judul berita yang membahas tentang ketidaksetaraan wanita, (2) mengetahui dan menganalisis makna denotatif dan konotatif yang terdapat pada judul berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penanda dan tinanda yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure dan makna denotatif dan konotatif yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Data penelitian ini diperoleh dari koran harian nasional The Jakarta Post pada bulan Januari dan Juni 2011, karena data yang didapat pada bulan tersebut lebih mewakili judul berita lainnya dengan makna tersirat yang penulis anggap lebih dalam. Analisis data ini dilakukan dengan cara menitikberatkan pada analisis linguistik penanda dan tinanda, serta makna denotatif dan konotatif untuk mengetahui makna sesungguhnya dari judul berita yang memiliki makna tersirat tersebut. Dari hasil analisis, penulis menemukan bahwa pada judul berita terdapat tanda-tanda linguistik yang dapat dikaji dengan menggunakan studi semiotik sehingga menghasilkan makna yang sangat membantu pembaca dalam memahami maksud dari judul berita tersebut. Makna yang dihasilkan oleh masing-masing pembaca berkemungkinan akan berbeda, hal ini tergantung pada sudut pandang dan pemahaman pembaca terhadap isi berita. Konsep penanda dan tinanda serta makna denotatif dan konotatif yang diperoleh pembaca akan memberikan pemahaman tersendiri terhadap pembaca sehingga menghasilkan opini dan sudut pandang yang berbeda dari masing-masing pembaca. Berdasarkan analisis, ditemukan adanya makna-makna tersirat yang cenderung menunjukan suatu keadaan yang tidak menguntungkan pihak wanita dalam beberapa kondisi. Hal ini bisa memberikan stigma negatif terhadap kinerja beberapa lembaga terkait baik formal maupun informal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item