Repository Universitas Andalas

LAJU DEKOMPOSISI DAN MINERALISASI BIOMASSA SERASAH DI LANTAI HUTAN HUJAN TROPIK PADANG SUMATERA BARAT

HARMITA , HARMITA (2011) LAJU DEKOMPOSISI DAN MINERALISASI BIOMASSA SERASAH DI LANTAI HUTAN HUJAN TROPIK PADANG SUMATERA BARAT. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (LAJU DEKOMPOSISI DAN MINERALISASI BIOMASSA SERASAH DI LANTAI HUTAN HUJAN TROPIK PADANG SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian laju dekomposisi dan mineralisasi biomassa serasah telah dilaksanakan dari bulan Maret sampai Oktober 2010 di plot penelitian ekologi hutan dan tanah yang bertempat di Pinang-Pinang Gunung Gadut Padang. Analisa daun tumbuhan dilakukan di Laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Tujuan dari penelitian adalah (1) untuk mengetahui fluktuasi perubahan bobot serasah lantai hutan selama proses dekomposisi dan laju dekomposisi serasah lantai hutan di kawasan penelitian, (2) untuk mengetahui potensi unsur hara yang dilepaskan ke tanah dari serasah yang ada di atas lantai hutan pada periode tertentu melalui proses dekomposisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda survei dan observasi lapangan, pengumpulan sampel dan dilanjutkan dengan pengamatan daun serasah meliputi persentase kehilangan bobot serasah, koefisien kecepatan dekomposisi, kadar N, P, K, Ca, dan Mg selama masa dekomposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir dekomposisi (8 bulan) bobot serasah yang tinggal adalah 38 % pada subplot dengan keragaman tinggi,30 % untuk keragaman sedang dan 20 % untuk keragaman rendah. Fluktuasi perubahan hara selama dekomposisi sangat tinggi. Besarnya potensi yang disumbangkan untuk 1 ton berat kering serasah tumbuhan dengan keragaman spesies tinggi 8.60 kg N, 0.10 kg P, 3.40 kg K, 9.00 kg Ca, 1.90 kg Mg. Pada keragaman spesies sedang potensi yang dilepaskan 12.00 kg N, 0.10 kg P, 2.80 kg K, 8.60 kg Ca dan 4.00 kg Mg. sedangkan pada keragaman spesies rendah 6.60 kg N, 1.00 kg P, 2.50 kg K, 5.30kg Ca, 4.80 kg Mg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item