Repository Universitas Andalas

VARIASI BAHASA PADA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) DALAM SURAT KABAR PADANG EKSPRES: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

ANDRIANI , YESSI (2011) VARIASI BAHASA PADA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) DALAM SURAT KABAR PADANG EKSPRES: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF ( VARIASI BAHASA PADA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) DALAM SURAT KABAR PADANG EKSPRES: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Variasi Bahasa SMS (Short Message Service) dalam Surat Kabar Padang Ekspres. Skripsi Sarjana Sastra Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Daerah Universitas Andalas, Yessi Andriani 04 186 016. Penelitian ini berjudul “Variasi Bahasa SMS (Short Message Service) dalam Surat kabar Padang Ekspres”. Masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah jenis-jenis variasi bahasa dan klasifikasi makna dari SMS dalam surat kabar Padang Ekspres. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis variasi bahasa dan makna yang terdapat dalam SMS pada surat kabar Padang Ekspres. Dalam penyediaan data digunakan metode simak atau penyimakan. Teknik yang digunakan adalah teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasarnya adalah teknik sadap, teknik lanjutannya adalah teknik Simak Benas Libat Cakap (SBLB). Tahap analisis data menggunakan metode padan, metode padan yang digunakan adalah metode padan referensial. Teknik dasarnya adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik Hubung Banding Memperbedakan (HBB). Berdasarkan analisis data ditemukan jenis-jenis variasi bahasa dan makna dari sebuah pesan SMS. Jenis-jenis variasi bahasa diantaranya variasi dari segi pemakaian dan keformalan. Variasi bahasa dari segi pemakaian terbagi atas variasi bahasa dibidang pemerintahan, kepolisian, ekonomi, teknologi, pendidikan, ketenagakerjaan, lalu lintas, dan penerangan. Variasi bahasa dari segi keformalan dapat dilihat gaya atau ragam santai. Jenis makna bahasa SMS dalam surat kabar Padang Ekspres ditemukan tiga jenis makna yakni: makna sempit, makna luas, dan makna pusat. Kata kunci: Variasi bahasa, SMS (Short Message Service)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item