Repository Universitas Andalas

ACTANTIAL CHARTS AND SYNTAGMS IN JONATHAN SWIFT’S GULLIVER’S TRAVELS : A STRUCTURAL READING

FAUZIA , LUTHFY (2011) ACTANTIAL CHARTS AND SYNTAGMS IN JONATHAN SWIFT’S GULLIVER’S TRAVELS : A STRUCTURAL READING. Other thesis, Fakultas Sastra .

[img]
Preview
PDF (ACTANTIAL CHARTS AND SYNTAGMS IN JONATHAN SWIFT’S GULLIVER’S TRAVELS : A STRUCTURAL READING ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menganalisis novel Gulliver’s Travels karya Jonathan Swift dengan tujuan untuk menemukan struktur dasar dari perjalanan karakter utama ke beberapa tempat dan menjelaskan perjalanan tersebut dalam bentuk struktur bagan pelaku. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa novel ini memiliki tiga struktur yang dinamakan dengan Syntagm. Analisis ini menggunakan pendekatan struktural yang di kembangkan oleh A.J. Greimas. Dalam teorinya, Greimas membagi struktur bagan pelaku kedalam enam bagian yaitu: pengirim (sender), tujuan (object), pelaku (subject), penghalang (opponent), penolong (helper), dan penerima (receiver). Kemudian penulis mengidentifikasi dan menjelaskan 3 teori lanjutan A.J. Greimas mengenai syntagms, yaitu: struktur yang bersifat perjanjian, struktur yang bersifat penugasan, dan struktur yang bersifat pengakhiran. Ketiga struktur ini bisa diaplikasikan ke dalam novel Gulliver’s Travels. Dalam analisis ini penulis menemukan gambaran perjalanan-perjalanan karakter utama kebeberapa tempat untuk mendapatkan tujuannya. Struktur perjalanan karakter utama dimulai dari Lilliput, Brobdingnag, Laputa, dan Houyhnhnms. Di setiap perjalanan yg dilakukan oleh karakter utama selalu ada kesamaan. Penulis menyimpulkan bahwa setiap perjalanan dari karakter utama mengalami kesamaan “contractual structure” yang terjadi akibat situasi yang tidak diprediksi sebelumnya sehingga membawanya ke tempat-tempat tertentu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item