Repository Universitas Andalas

DIFERENSIASI MORFOMETRI Fejervarya limnocharis (Anura : Ranidae) Gravenhorst 1829 DI SUMATERA

Fauzan , Fauzan (2011) DIFERENSIASI MORFOMETRI Fejervarya limnocharis (Anura : Ranidae) Gravenhorst 1829 DI SUMATERA. Other thesis, Pacasarjana.

[img]
Preview
PDF (DIFERENSIASI MORFOMETRI Fejervarya limnocharis (Anura : Ranidae) Gravenhorst 1829 DI SUMATERA ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76Kb) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan terletak antara dua samudera dan dua benua. Kondisi tersebut membuat kekayaan hayati baik flora maupun faunanya menjadi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya spesies yang ditemukan pada berbagai wilayah dengan karakter yang khas. Salah satu kekayaan hayati di Indonesia adalah dari kelompok amphibia. Jumlah amphibia di Indonesia sekitar 489 spesies, di Sumatera sekitar 90 spesies. Salah satu dari spesies tersebut adalah Fejervarya limnocharis. F. limnocharis memiliki ciri-ciri tubuh berukuran kecil, memiliki bentuk kepala yang runcing dan pendek, tympanum terlihat dengan jelas, memiliki sepasang bintil metatarsal, memiliki selaput renang tidak sampai ke ujung jari. Habitatnya di sawah, padang rumput dan hutan sekunder. F. limnocharis masih bisa hidup sampai pada ketingggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Penyebarannya cukup luas mulai dari Indonesia, Malaysia, Cina Selatan sampai Jepang. Akibat penyebaran yang cukup luas tersebut besar kemungkinan telah terjadi variasi dan diferensiasi morfometri pada masing-masing populasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17035

Actions (login required)

View Item View Item