Repository Universitas Andalas

Biosorpsi Logam Mn (VII) dengan Menggunakan Jamur Saccharomyces Sp yang Diisolasi dari Limbah Padat COCA COLA

ARIFFENI, ARIFFENI (2011) Biosorpsi Logam Mn (VII) dengan Menggunakan Jamur Saccharomyces Sp yang Diisolasi dari Limbah Padat COCA COLA. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Biosorpsi Logam Mn (VII) dengan Menggunakan Jamur Saccharomyces Sp yang Diisolasi dari Limbah Padat COCA COLA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87Kb) | Preview

Abstract

Pencemaran lingkungan akibat logam berat merupakan salah satu masalah lingkungan yang terjadi saat ini. Biosorpsi logam berat oleh Saccharomyces sp dapat mengatasi masalah tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan biosorpsi logam mangan (VII) dengan menggunakan jamur Saccharomyces sp yang diisolasi dari limbah padat Coca Cola dalam medium PDA pada pengenceran 10-8 sel/mL. Saccharomyces sp terlebih dahulu diadaptasi dan ditumbuhkan dalam medium PDA yang mengandung logam mangan 20 mg/L. Biosorpsi logam mangan (VII) dilakukan pada medium cair PDB dengan pengaturan pH 4, 5, 6, dan 7, konsentrasi logam mangan 30, 40, 50, 60 dan 70 mg/L dan lama fermentasi 1, 2 dan 3 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa Saccharomyces sp efektif melakukan penyerapan logam mangan (VII) pada kondisi optimum pH 6, konsentrasi 50 mg/L selama 2 hari fermentasi. Kapasitas penyerapan diperoleh sebanyak 3,722 mg/g serta 74,44 % penyerapannya untuk kondisi adaptasi dan 3,1 mg/g untuk kondisi non adaptasi dengan persen penyerapan 62 %. Penelitian ini langsung diaplikasikan terhadap limbah laboratorium Bioteknologi jurusan kimia UNAND dengan menggunakan kondisi optimum yang sama. Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi adaptasi juga lebih baik dalam proses biosorpsi dibandingkan kondisi non adaptasi. Kapasitas penyerapannya berturut-turut untuk adaptasi dan non adaptasi yaitu 1,54 mg/g dan 0,66 mg/g. Pembuktian Saccharomyces sp dilakukan dengan mikroskop 40 kali perbesaran serta uji fermentasi alkohol dengan GC MS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 30 Dec 2011 13:55
Last Modified: 30 Dec 2011 13:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17071

Actions (login required)

View Item View Item