Repository Universitas Andalas

MEKANISME SOLIDARITAS KELOMPOK PERTEMANAN DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU REMAJA MEROKOK (Studi Kasus : Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang )

NOVIANSYAH, CHANDRA (2011) MEKANISME SOLIDARITAS KELOMPOK PERTEMANAN DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU REMAJA MEROKOK (Studi Kasus : Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang ). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (MEKANISME SOLIDARITAS KELOMPOK PERTEMANAN DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU REMAJA MEROKOK (Studi Kasus : Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang apa saja bentuk –bentuk dan aktifitas anggota kelompok pertemanan yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Padang. Serta bagaimana mekanisme solidaritas kelompok pertemanan dalam mempengaruhi perilaku remaja merokok sehingga menjadi fenomena sosial yang ada didalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik atau ilmiah dengan mengandalkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di pakai adalah riset kepustakaan, wawancara mendalam dan observasi. Untuk pemilihan informan dilakukan secara sampel purposif dimana informan tersebut dipilih sesuai tujuan penelitian. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisa guna menyederhanakan data dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterprestasikan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pada usia remaja banyak waktu yang dihabiskan bersama teman –teman yang merupakan sebuah kelompok pertemanan yang terdiri dari teman –teman yang sepaham dan se-ide dibandingkan dengan kedua orang tuanya. Adapun kelompok pertemanan yang ada di SMA Negeri 9 Padang terdiri atas dua kelompok yaitu IPA dan IPS. Kelompok tersebut terbagi lagi atas kelompok –kelompok kecil seperti kelompok formal dan kelompok informal. Kelompok formal misalnya: OSIS, Pramuka, Rohis, PMR, Paskibraka, kelompok kinerja Ilmiah, olahraga Basket, Karate. Sedangkan kelompok informal misalnya: kelompok belajar bersama, kelompok pertemanan game online, kelompok modifikasi motor, kelompok pertemanan bermain bola, kelompok pecinta komik, kelompok pecinta film Korea, kelompok pecinta makanan, kelompok pertemanan merokok. Dari kelompok formal dan kelompok informal maka timbullah mekanisme solidaritas dalam mempengaruhi perilaku remaja, contohnya kelompok pertemanan merokok. Kebanyakan dari remaja yang masuk dalam kelompok pertemanan ini melakukan perilaku merokok karena terpengaruh oleh teman –temannya yaitu dengan cara digoda dan dirayu serta diejek oleh remaja yang ada dalam kelompok pertemanan tersebut. Remaja yang sudah terpengaruh untuk melakukan perilaku merokok biasanya menjadi candu dan kebiasaan sehingga mereka terus menerus melakukan perilaku merokok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:30
Last Modified: 03 Jan 2012 14:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item