Repository Universitas Andalas

UJI KERENTANAN BEBERAPA SERANGGA HAMA TERHADAP INFEKSI NEMATODA Heterorhabditis spp. (Rhabditida: Heterorhabditidae)

ILHAMI, DEDI (2011) UJI KERENTANAN BEBERAPA SERANGGA HAMA TERHADAP INFEKSI NEMATODA Heterorhabditis spp. (Rhabditida: Heterorhabditidae). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (UJI KERENTANAN BEBERAPA SERANGGA HAMA TERHADAP INFEKSI NEMATODA Heterorhabditis spp. (Rhabditida: Heterorhabditidae)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39Kb) | Preview

Abstract

Penelitian kerentanan beberapa hama serangga pada infeksi nematoda telah dilakukan di Laboratorium Pengendalian Hayati, Departemen Proteksi Tanaman. Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, dari Oktober 2009 sampai Januari 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kerentanan dari beberapa hama serangga pada infeksi Heterorhabditis spp. Penelitian ini dirancang dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan, dan 4 ulangan. Perlakuan 4 jenis hama serangga, Plutella xylostella, Crocidolomia pavonana, Spodoptera litura, Spodoptera exigua. Nematoda diaplikasikan pada larva instar kedua dan konsentrasi nematoda yang digunakan adalah 100 ekor / ml. Parameter yang diukur adalah larva, pupa, dan kematian orang dewasa, dan gejala infeksi pada larva. Data dianalisis ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada tingkat nyata 5%. Hasil studi menunjukkan bahwa S. exigua dan S. litura lebih rentan terhadap infeksi Heterorhabditis spp dibandingkan dengan .C pavonana dan P.xylostela.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:30
Last Modified: 03 Jan 2012 14:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17118

Actions (login required)

View Item View Item