Repository Universitas Andalas

PENGGUNAAN ASAM GIBERELAT (GA3) UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN BUAH PISANG MAS (Musa acuminata Colla)

FEBRIDAYANTI, LUCIA (2011) PENGGUNAAN ASAM GIBERELAT (GA3) UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN BUAH PISANG MAS (Musa acuminata Colla). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN ASAM GIBERELAT (GA3) UNTUK MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN BUAH PISANG MAS (Musa acuminata Colla)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang penggunaan Asam giberelat (GA3) untuk memperpanjang umur simpan buah pisang mas (Musa acuminata Colla) telah dilakukan pada bulan Mei – Juni 2011 di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) Program Studi Teknik Penelitian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh asam giberelat terhadap sifat fisik, kimia buah pisang dan untuk menentukan kadar asam giberelat terbaik untuk memperpanjang umur simpan buah pisang. Penelitian ini dilakukan dengan 4 perlakukan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang dilakukan yaitu tanpa perendaman (kontrol), perendaman dengan 100 ppm (GA3), 200 ppm (GA3) dan 300 (GA3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kadar dari (GA3) yang digunakan terhadap perubahan mutu dan kualitas bahan. Perendaman dengan asam giberelat dapat menghambat laju penurunan mutu dan dapat memperpanjang umur simpan buah pisang. Perlakuan terbaik terdapat pada perendaman dengan kadar 300 ppm (GA3), dapat memperpanjang umur simpan buah pisang 137,5% dibandingkan kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item View Item