Repository Universitas Andalas

Trauma Pada Tingkap Lonjong Akibat Ekstraksi Benda Asing Di Liang Telinga

Yan, Edward and Hidayatul, Fitira (2014) Trauma Pada Tingkap Lonjong Akibat Ekstraksi Benda Asing Di Liang Telinga. Trauma Pada Tingkap Lonjong Akibat Ekstraksi Benda Asing Di Liang Telinga . (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (161Kb) | Preview

Abstract

Benda asing di telinga merupakan masalah yang banyak ditemukan. Keberhasilan dalam mengangkat benda asing tergantung pada banyak hal diantaranya kemampuan dokter, jenis benda asing, manipulasi sebelumnya, keterlihatan dan kedalaman benda asing serta ketersediaan alat. Trauma iatrogenik dalam ekstraksi benda asing di telinga dapat berupa laserasi liang telinga, trauma tulang-tulang pendengaran dan kerusakan telinga dalam seperti fistula perilimfe. Dilaporkan satu kasus seorang perempuan umur 14 tahun dengan benda asing (kepala jarum pentul) di kavum timpani dengan trauma iatrogenik auris dekstra suspek fistula perilimfe dan dislokasi tulang-tulang pendengaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: benda asing (kepala jarum pentul), trauma iatrogenik, fistula perilimfe dan dislokasi tulang-tulang pendengaran
Subjects: R Medicine > RF Otorhinolaryngology
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Telinga Hidung Tenggorok-KL (THT-KL)
Depositing User: Dr SUKRI RAHMAN
Date Deposited: 20 Apr 2012 07:15
Last Modified: 13 Jan 2016 01:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item