Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Polres Pasaman Barat)

PINASALO, MERSESSA (2011) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Polres Pasaman Barat). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Polres Pasaman Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (85Kb) | Preview

Abstract

Masalah ekonomi dan sosialĀ  yang melanda Indonesia berdampak pada peningkatan permasalahan yang dihadapi anak Indonesia yang ditandai dengan makin banyaknya anak yang mengalami perlakuan salah, eksploitasi, tindak kekerasan, anak yang didagangkan, penelantaran, serta anak yang berhadapan dengan hukum dan lain-lainnya. Selain itu dampak negatif dari kemajuan media eloktronik juga menempatkan anak-anak rawan terhadap tindakan kekerasan, pelecehan seksual, dan pencabulan terhadap anak. Tindak Pidana Pencabulan terhadap anak adalah suatu perbuatan yang memenuhi unsur pidana dalam hal yang bersinggungan dengan kesopanan dan kesusilaan, dimana korbannya berusia dibawah umur 18 tahun. Tugas dan wewenang kepolisian bukan hanya sekedar menjadi penyidik setelah kasus terjadi akan tetapi juga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya tindak pidana pencabulan terhadap anak, mengingat anak adalah aset bangsa yang begitu berharga, menjadi tumpuan harapan bangsa untuk masa yang akan datang. Berdasarkan latar belakang masalah, dirumuskan yang menjadi permasalahan bagaimana proses penyidikan terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak, bagaimana perlindungan hak terhadap anak sebagai pelaku dan korban dalam tindak pidana pencabulan, dan kendala-kendala yang dihadapi Kepolisian Resor Pasaman Barat dalam menangani kasus tindak pidana pencabulan terhadap anak. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian secara yuridis deskriptif dengan melakukan pendekatan yuridis sosiologis yang didukung secara empiris. Untuk mendapatkan data primer penulis melakukan wawancara langsung ke bagian unit perempuan dan anak di polres Pasaman Barat yang ada hubungannya dengan pokok permasalahan, untuk mendapatkan data sekunder penulis menggunakan studi kepustakaan, peraturan perundang-undangan dan dokumen hasil penelitian yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses penyidikan terhadap tindak pidana pencabulan dengan tersangka anak dibawah umur yang diperiksa di kantor Kepolisian Resor Pasaman Barat telah dilakukan berdasarkan hukum acara di Indonesia yaitu KUHAP, perlindungan hak terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana telah dilakukan berdasarkan KUHAP, dan memperhatikan hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002, namun perlindungan hak anak sebagai korban belum sepenuhnya terperhatikan dilihat dari korban dijadikan sebatas saksi, kendala-kendala yang dihadapi penyidik dalam proses penyidikan komunikasi terhadap korban, masalah bahasa sehari-hari, masalah tenaga ahli, tempat kejadian perkara, biaya visum et repertum, kesadaran hukum dari masyarakat, dan waktu proses penyidikan perkara yang singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 15 Aug 2012 03:28
Last Modified: 15 Aug 2012 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item