Repository Universitas Andalas

ASAL USUL DAN MAKNA NAMA GELAR DATUAK DI NAGARI NAN TUJUAH KECAMATAN PALUPUH KABUPATEN AGAM ( Analisis Semiotik )

AMRIZAL, AMRIZAL (2010) ASAL USUL DAN MAKNA NAMA GELAR DATUAK DI NAGARI NAN TUJUAH KECAMATAN PALUPUH KABUPATEN AGAM ( Analisis Semiotik ). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (ASAL USUL DAN MAKNA NAMA GELAR DATUAK DI NAGARI NAN TUJUAH KECAMATAN PALUPUH KABUPATEN AGAM ( Analisis Semiotik ) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Asal-usul Dan Makna Nama Gelar Datuak Di Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk mengkaji makna yang terkandung dalam gelar datuak yang berstatus sebagai penghulu di Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, berdasarkan kepada pepatah adat yang berbunyi “ ketek diagiah banamo, gadang dibari bagala “. Artinya ketika orang tua memberi sebuah nama kepada anaknya pasti ada makna dan harapan tertentu, begitu juga ketika dia sudah dewasa dan diberi gelar oleh mamaknya, maka gelar tersebut pasti mempunyai makna dan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apakah dan bagaimanakah makna yang terdapat dalam nama gelar datuak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan dianalisis dengan menggunakan teori semiotik yang dikemukakan oleh Michael Riffaterre, yang mengkaji makna dari sebuah teks. Akan tetapi, tidak terbatas hanya kepada teks sastra, melainkan semua fenomena yang terjadi bisa dijadikan teks, seperti fenomena budaya, fenomena sosial. Sementara itu, gelar datuak bisa dikategorikan kepada sebuah fenomena budaya dan layak untuk dikaji dengan menggunakan teori semiotik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, gelar datuak yang ada di Minangkabau khususnya yang ada di Nagari Nan Tujuah berangkat dari sebuah ide dan harapan yang baik, dan gelar tersebut dapat dimaknai lebih dalam, maka diharapkan kepada orang yang memakai gelar tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan yang diharapkan oleh kaumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 15 Aug 2012 03:28
Last Modified: 15 Aug 2012 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17221

Actions (login required)

View Item View Item