Repository Universitas Andalas

TINGKAT ADOPSI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH KAKAO DALAM PAKAN TERNAK SAPI POTONG ( Studi Kasus Pada Kelompok Tani Karya Abadi Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman )

Nasrul, Desvionita (2011) TINGKAT ADOPSI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH KAKAO DALAM PAKAN TERNAK SAPI POTONG ( Studi Kasus Pada Kelompok Tani Karya Abadi Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman ). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (TINGKAT ADOPSI INOVASI PENGOLAHAN LIMBAH KAKAO DALAM PAKAN TERNAK SAPI POTONG ( Studi Kasus Pada Kelompok Tani Karya Abadi Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (46Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : a) karakteristik peternak Kelompok Tani Karya Abadi, b) tingkat adopsi inovasi pengolahan limbah kakao dalam pakan ternak sapi potong dan c) tingkat adopsi inovasi dalam perubahan perilaku peternak pengolahan limbah kakao dalam pakan ternak sapi potong. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dimana responden sebagai sampel dalam penelitian ini adalah anggota Kelompok Tani Karya Abadi sebanyak 50 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer dengan bantuan kuisioner dan data sekunder dengan studi kepustakaan serta dinas terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik peternak Kelompok Tani Karya Abadi berusia produktif 15-64 tahun (100,00%), tingkat pendidikan peternak yang tergolong menengah yaitu berpendidikan SLTA (48,00%), pengalaman beternak 3-5 tahun (44,00%), lama menjadi anggota kelompok 2-3 tahun (52,00%), skala usaha 1-3 ekor (84,00%), dan pekerjaan utama peternak adalah petani/peternak (46,00%). Ukuran adopsi inovasi yang dilihat dari ukuran kecepatan atau selang waktu antara diterimanya informasi dan penerapan yang dilakukan dikategorikan lambat (1 minggu-1 bulan) sebesar (52,08%), luas penerapan inovasi atau proporsi jumlah ternak yang telah diberi inovasi baru yaitu diterapkan sebesar (50,54%) dan mutu intensifikasi dengan membandingkan penerapan dengan rekomendasi yang disampaikan oleh penyuluh yaitu baik sebesar (53,09%). Perubahan perilaku peternak dari aspek pengetahuan (cognitive) (68,40%), aspek sikap (affective) (56,52%) dan aspek keterampilan (psychomotorik) (73,63%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jan 2012 16:37
Last Modified: 06 Jan 2012 16:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item