Repository Universitas Andalas

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM DAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD PASAMAN BARAT TAHUN 2010

HARDI, JON (2010) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM DAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD PASAMAN BARAT TAHUN 2010. Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM DAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD PASAMAN BARAT TAHUN 2010 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50Kb) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat adalah unit pelayanan kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang baru berdiri seiring pemekaran Kabupaten Pasaman Barat tahun 2004. Sebagai rumah sakit rujukan di kabupaten, RSUD harus dapat mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan mutu pelayanan agar mampu bertahan dan bersaing merebut dan menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSUD Pasaman Barat. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional dan dilanjutkan dengan analisis Diagram Kartesius. Penelitian ini dimulai bulan Juni dan berakhir bulan Desember 2010. Tempat penelitian di RSUD Pasaman Barat. Responden adalah pasien umum dan jamkesmas yang dirawat di ruang rawat inap kelas III (n=100) yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, dianalisis secara univariat dan bivariat (Chi Square dengan tingkat kemaknaan: 95%). Menurut hasil penelitian mutu pelayanan rawat inap kelas III baik, pasien kelas III puas dengan pelayanan yang diterimanya. Hasil uji Chi Square menemukan adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien (p=0,000). Menurut hasil analisis Diagram Kartesius diketahui atribut mutu pada Kuadran A yaitu: kepastian jam pelayanan dan perhatian individual kepada pasien. Diharapkan RSUD Pasaman Barat melakukan pemeliharaan peralatan kesehatan seperti tempat tidur pasien dan nakas serta mengganti peralatan yang tidak layak pakai. Diharapkan RSUD Pasaman Barat agar menambah dokter spesialis bedah sebanyak 1 orang serta kepada petugas diharapkan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi sesama petugas serta memberitahukan penundaan jadwal pelayanan kepada pasien dengan jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Pascasarjana S2 Biomedik
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Apr 2012 05:36
Last Modified: 24 Apr 2012 05:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17291

Actions (login required)

View Item View Item