Repository Universitas Andalas

SIMULASI PERANCANGAN TURBIN PROPELLER SUMBU VERTIKAL UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO

RAHMAT, ADE (2010) SIMULASI PERANCANGAN TURBIN PROPELLER SUMBU VERTIKAL UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (SIMULASI PERANCANGAN TURBIN PROPELLER SUMBU VERTIKAL UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52Kb) | Preview

Abstract

Listrik pada saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang pokok oleh masyarakat pada umumnya. Pada daerah tertentu yang mempunyai aliran sungai atau arus deras mempunyai potensi yang bagus untuk bisa digunakan untuk sebuah pembangkit listrik dengan tenaga mikrohidro, yaitu dengan menggunakan berbagai macam jenis turbinnya. Untuk mempermudah dalam perancangan bisa dilakukan dengan memberikan simulasi perhitungan perencanaan beserta animasi untuk melakukan perencanaan perancangan sebuah turbin. Jenis turbin yang digunakan adalah jenis turbin propeller dengan sumbu vertical, dengan menggunakan variasi head yang rendah (1 sampai 20 meter). Dengan daya yang dihasilkan cukup besar dan biaya yang relatif murah, turbin ini bisa digunakan untuk keperluan daerah tertentu dengan menggunakan tenaga aliran sungai. Simulasi dari perencanaan perancangan turbin ini dilakukan dengan menggunakan program Visual Basic 6, dan serta animasinya yang ditampilkan dengan Macromedia Flash & 3D’s Max sebagai program pendukung. Simulasi ini akan menampilkan pengaruh dari perbedaan suatu input pada data perancangan dan mempermudah dalam melakukan perhitungan suatu perancangan turbin propeller dan juga menampilkan bentuk dari hasil rancangan turbin propeller tersebut. Selain itu, simulasi ini berguna untuk perhitungan dimensi utama, dimensi sudu gerak, sudu pengarah, dan kanstruksi turbin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 31 Jan 2012 15:34
Last Modified: 31 Jan 2012 15:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item