Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN DEDAK DAN LAMA PELAPUKAN MEDIA LIMBAH INDUSTRI TEH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus L.)

GUSNIMAR, GUSNIMAR (2011) PENGARUH PENAMBAHAN DEDAK DAN LAMA PELAPUKAN MEDIA LIMBAH INDUSTRI TEH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus L.). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN DEDAK DAN LAMA PELAPUKAN MEDIA LIMBAH INDUSTRI TEH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (78Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai ”Pengaruh Penambahan Dedak dan Lama Pelapukan Media Limbah Industri Teh terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.)” telah dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2011 di Laboratorium Mikrobiologi dan Mikologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan dedak dan lama pelapukan media limbah industri teh terhadap pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleorotus ostreatus L.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dalam dua faktor perlakuan dan 2 kali ulangan. Faktor A :Jumlah dedak dan faktor B: lama pelapukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan dedak dan lama pelapukan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus L.) pada media limbah industri teh. Perlakuan penambahan dedak sampai 30 % dalam media dihasilkan pertumbuhan vegetatif tercepat walaupun tanpa melalui proses pelapukan, sedangkan berat basah tubuh buah dan diameter tudung tubuh buah tertinggi dihasilkan pada perlakuan tanpa penambahan dedak dan 1 hari pelapukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Jan 2012 05:07
Last Modified: 29 Jan 2012 05:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17341

Actions (login required)

View Item View Item