Repository Universitas Andalas

THE UNCONSCIOUS MIND OF A PSYCHOPATH IN PATRICK SŰSKIND’S PERFUME: THE STORY OF A MURDERER

AGUSTIA, NESSIE (2011) THE UNCONSCIOUS MIND OF A PSYCHOPATH IN PATRICK SŰSKIND’S PERFUME: THE STORY OF A MURDERER. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF (THE UNCONSCIOUS MIND OF A PSYCHOPATH IN PATRICK SŰSKIND’S PERFUME: THE STORY OF A MURDERER.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang analisa masalah psikologis salah satu karakter dalam novel Perfume oleh Patrick Süskind, Grenouille. Analisa dalam skripsi ini meliputi analisa pikiran dan tindakan Grenouille yang memiliki obsesi yang sangat besar terhadap aroma, sehingga dia bertindak sebagai pembunuh untuk mendapatkan yang diinginkannya, dan masalah psikologis ini disebut dengan psikopat. Data diperoleh langsung dari novel Perfume. Dengan arti bahwa teks yang terdapat pada novel tersebut dijadikan sumber dalam melakukan analisa ini. Analisa kepribadian tokoh utama dilakukan dengan menggunakan salah satu teori psikologi sastra, yaitu teori psikologis Sigmund Freud. Analisis ini dibagi ke dalam dua tahap, yaitu pengalaman hidup tokoh utama yang tidak diterima di keluarga dan lingkungannya dan dampak pikiran alam bawah sadarnya selama masa dewasanya. Metode yang digunakan dalam menjabarkan proses analisis adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode kepustakaan. Hasil analisa yang didapatkan adalah bahwa pengalaman hidup tokoh utama yang tidak diterima oleh keluarga dan lingkungannya selama masa kecil ternyata secara tidak sadar berpengaruh terhadap pengalaman hidupnya di masa dewasanya. Oleh karena pengalaman hidup Grenouille yang penuh dengan pengalaman buruk, Grenouille menjadi sangat terobsesi untuk membunuh dan mengumpulkan aroma perawan yang menjadikannya manusia terbaik yang pernah ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:30
Last Modified: 25 Jan 2012 23:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item