Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PENGIRIMAN SURAT DAN BARANG PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG PADANG

PUTRA, DENI EKA (2010) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PENGIRIMAN SURAT DAN BARANG PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PENGIRIMAN SURAT DAN BARANG PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (67Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul : perlindungan hukum terhadap pengguna jasa pengiriman surat dan barang pada PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Padang. Sebagai public Service, PT. Pos Indonesia (Persero) berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Berbagai macam layanan yang ditawarkan oleh pihak pos bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa pos, baik itu dalam pengiriman surat atau barang. Mengingat PT. Pos Indonesia (Persero) bergerak di bidang jasa, maka faktor penting yang patut diperhatikan adalah kepercayaan pengguna jasa, dimana mereka menggunakan jasa pos karena mereka percaya bahwa barang atau kiriman yang mereka kirim melalui jasa pos akan sampai dengan selamat di tempat tujuan. Hal tersebut berhubungan erat dengan tanggung jawab PT Pos Indonesia (Persero) dalam memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman surat pos dan paket pos. Di samping mencari keuntungan, PT. Pos juga bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan.Tujuan penulisan ini adalah untuk membahas mengenai apa saja bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Padang terhadap pengguna jasa pengiriman surat dan barang, kemudian bagaimana tanggung jawab PT. Pos Indonesia (Persero) cabang padang apabila ada klaim akibat adanya keterlambatan, kerusakan, atau kehilangan, serta apa saja kendala yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Padang dalam memberikan perlindungan hukum kepada pengguna jasa pengiriman surat dan barang. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis. Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) cabang padang. Responden terdiri dari konsumen pengguna jasa pengiriman surat dan barang pada PT.Pos Indonesia (Persero) cabang Padang sebanyak 10 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada konsumen pos dan instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Padang memberikan perlindungan hukum kepada konsumen diantaranya perlindungan terhadap isi surat/dokumen, waktu tempuh, perlindungan atas keterlambatan, kerusakan atau kehilangan dan perlindungan dalam bentuk asuransi barang kiriman dan perlindungan dari segi hukum. Tanggung jawab PT.Pos Indonesia (persero) cabang Padang Jika terjadi keterlambatan adalah dengan memberi ganti rugi senilai 2 kali ongkos kirim. Jika terjadi kerusakan maka pihak pos akan memberi ganti rugi senilai dengan kerugian yang diderita (untuk kerusakan sebagian), sedang untuk kerusakan keseluruhan maka ganti rugi sama dengan ganti rugi kehilangan. Jika terjadi kehilangan maka ganti rugi adalah sebesar 2 kali ongkos kirim dan ditambah dengan nilai tanggungan (untuk barang yang diasuransikan). Kendala yang di hadapi pihak pos dalam memberikan perlindungan adalah konsumen tidak memberikan keterangan yang benar mengenai isi kiriman, alamat tujuan kurang jelas, pengepakan yang kurang baik, tidak lengkapnya syarat dalam memberikan klaim, dan masa untuk mengajukan klaim telah kadaluarsa serta terjadinya keterlambatan pengiriman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:29
Last Modified: 25 Jan 2012 23:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item